Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi kompetensi sosial guru Pendidikan Agama Islam di SMP Cerdas Murni Medan

Siregar, Hilmi Wahdi (2020) Implementasi kompetensi sosial guru Pendidikan Agama Islam di SMP Cerdas Murni Medan. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1823100241.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana: 1) Penggunaan Komunikasi Guru Pendidikan Agama Islam dengan Kepala Sekolah dan sesama guru di SMP Cerdas Murni. 2) Hubungan guru Pendidikan Agama Islam dengan siswa, sesama guru dan kepala sekolah di SMP Cerdas Murni Medan. 3) Hubungan guru Pendidikan Agama Islam dengan masyarakat lingkup sekolah di SMP Cerdas Murni Medan. Penelitian yang digunakan untuk menganalisis implementasi kompetensi sosial guru Pendidikan Agama Islam di SMP Cerdas Murni Medan adalah menggunakan metode penelitian kualitatif. Berdasarkan jenis, penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengamati fenomena-fenomena yang terjadi secara fakta dan menganalisanya dengan logika ilmiah. Penelitian ini dibatasi oleh waktu dan tempat, dan kasus yang dipelajari berupa program, peristiwa, aktivitas, atau individu. Hasil temuan dalam penelitian menunjukkan bahwa implementasi kompetensi sosial guru Pendidikan Agama Islam adalah: 1. Penggunaan komunikasi guru PAI dengan kepala sekolah dan sesama guru di SMP Cerdas Murni Medan adalah sebagai berikut: a. Komunikasi dengan Bahasa Formal dan komunikasi dengan Bahasa yang sopan dan baik. b. Komunikasi dengan lemah lembut, Sopan dan santun, Lugas dan Jelas. 2. Hubungan guru PAI dengan siswa, sesama guru, dan kepala sekolah di SMP Cerdas Murni adalah: a. Dilakukan dengan baik serta secara langsung, dengan memberikan teguran, sindiran ataupun dengan isyarat pencegahan dan penyembuhan bertujuan untuk mendisiplinkan siswa dan memberi tahu siswa atau menyadarkan siswa dari kesalahannya. b. Berjalan dengan baik dengan mengutamakan persepsi pemikiran yang sama demi terwujudnya cita-cita dari visi misi yang telah dibuat oleh yayasan di cerdas murni dan dibantu langsung oleh Wali kelas siswa, guru BP/BK, PKS kesiswaan, dan kepala sekolah SMP Cerdas Murni. c. Rasa hormat dan menghargai serta menjunjung tinggi norma-norma aturan, program tersendiri untuk mengembangkan bidang keagamaan. 3. Hubungan guru Pendidikan Agama Islam dengan masyarakat lingkup sekolah di SMP Cerdas Murni Medan adalah dalam hal menyelenggarakan bakti sosial, bencana alam, gotong royong, serta menjadi teladan di masyarakat dengan selalu berpakaian rapi dan mengucap salam disaat berjumpa.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisors: Dr. Anhar, M.A. dan Dr. Zainal Efendi Hasibuan, M.A.
Keywords: Kompetensi Sosial; Guru Pendidikan Agama Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Aflah Indra Pulungan
Date Deposited: 04 Nov 2021 05:03
Last Modified: 04 Nov 2021 05:03
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7146

Actions (login required)

View Item View Item