Sari, Minta (2021) Analisis preferensi nasabah terhadap pembiayaan gadai emas pada PT. Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Syariah Sadabuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1640100064.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Produk Gadai Emas merupakan produk pembiayaan atas dasar jaminan, berupa emas sebagai salah satu alternatif memperoleh pembiayaan secara cepat dan mudah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah dimana masih ada beberapa nasabah termasuk nasabah umat Islam yang menganggap pegadaian syariah sama saja dengan pegadaian konvensional, mereka mengatakan bahwa banyak terjadi penyimpangan antara konsep syariah dengan realita kerja pegadaian syariah tersebut, salah satunya dalam hal transaksi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh promosi, kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap preferensi nasabah pada PT. Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Syariah Sadabuan menggunakan produk pembiayaan gadai emas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi, kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap preferensi nasabah pada PT. Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Syariah Sadabuan menggunakan produk pembiayaan gadai emas. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu perbankan syariah. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori tentang promosi,kualitas pelayanan, kepercayaan dan preferensi nasabah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan anilisis uji regresi linear berganda, teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan jumlah sampel 91 nasabah pada PT. Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Syariah Sadabuan. Teknik pengambilan sampel dengan sampling insidential. Pengolahan data dilakukan dengan spss versi 23. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan peneliti, terdapat pengaruh antara variabel bebas dengan variabel terikat dilihat dari uji (Adjusted R Square). Hasil penelitian secara parsial (uji t) menunjukan bahwa promosi berpengaruh terhadap preferensi nasabah pada PT. Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Syariah Sadabuan menggunakan pembiayaan gadai emas. Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap preferensi nasabah menggunakan produk pembiayaan gadai emas pada PT. Pegadaian (Perseo) Unit Pelayanan Syariah Sadabuan. Dan kepercayaan berpengaruh terhadap preferensi nasabah pada PT. Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Syariah Sadabuan. Dilihat dengan uji F promosi, kualitas pelayanan dan kepercayaan berpengaruh secara simultan terhadap preferensi nasabah menggunakan produk pembiayaan gadai emas pada PT. Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Syariah Sadabuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Delima Sari Lubis, MA dan Hamni Fadlilah Nasution, M.Pd |
Keywords: | Kepercayan; Kualitas pelayanan; Promosi; Preferensi nasabah |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 29 Oct 2021 07:13 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 07:13 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7098 |
Actions (login required)
View Item |