Nasution, Sari Khadijah (2021) Peningkatan kreativitas siswa melalui penerapan project based learning dengan pemanfaatan media kolase dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas V SDN 101101 Silaiya Kecamatan Sayurmatingikabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1620500037.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini disebabkan oleh rendahnya kreativitas siswa beberapa alasan diantaranya kurangnya penggunan model pembelajaran dan media pembelajaran. Kegiatan pembelajaran yang biasanya dilakukan guru hanya dengan metode ceramah dan penugasan hal ini yang menyebabkan kreativitas siswa rendah. Upaya yang dilakukan peneliti untuk meningkatkan kreativitas siswa yaitu dengan menggunakan model Project Based Learning dengan pemanfaatan media kolase. Berdasarkan latar belakang di atas tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan Project Based Learning dengan pemanfaatan media kolase dapat meningkatkan kreativitasdalam pembelajaran IPS pada siswa kelas V SDN 101101 Silaiya Kecamatan Sayur Matinggi Kabupaten Tapanuli Selatan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan/pelaksanaan, observasi kegiatan siswa dan guru, dan refleksi. Dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai guru, untuk mengetahui peningkatan kreativitas siswa maka instrumen yang digunakan yaitu berupa tes unjuk kerja. Hasil penelitian dengan menggunakan Project Based Learning dengan pemanfaatan media kolase dapat meningkatkan kreativitas siswa pada pembelajaran IPS kelas V SDN 101101 Silaiya Kecamatan Sayur Matinggi Kabupaten Tapanuli Selatan. Hal ini dibuktikan dari tes awal dengan presentase sebanyak 17% dengan nilai rata-rata kelas 64,28, kemudian pada siklus I pertemuan I memperoleh presentase 32% dengan nilai rata-rata kelas 71,14, peneliti melakukan perbaikan sehingga pada siklus I pertemuan II memperoleh presentase 39% dengan nilai rata-rata kelas 71,72. Berdasarkan presentase pada siklus I kreativitas siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimum peneliti melanjutkan tindakan dengan melakukan perbaikan pada siklus II. Siklus II pertemuan I memperoleh presentase 57% dengan nilai rata-rata kelas 75,28. Siklus II pertemuan II memperoleh presentase 82% dengan rata-rata kelas 81,28. Secara keseluruhan kendala yang dihadapi pada siklus I dan siklus II yaitu kurangnya kemampuan guru dalam pengelolaan kelas, namun hal tersebut telah diperbaiki dan telah mencapai kriteria ketuntasan minimum.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Magdalena, M.Ag. dan Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag. |
Keywords: | Kreativitas; Project Based Learning; Media Kolase |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 03 Jun 2021 02:57 |
Last Modified: | 03 Jun 2021 02:57 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6649 |
Actions (login required)
View Item |