Tanjung, Akbar (2021) Pola manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Padang Lawas Kecamatan Aek Nabara Barumun Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1520100085.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Pendidikan memiliki peranan penting dalam menunjang kehidupan seseorang, pendidikan tidak bisa dilepaskan dari setiap orang. Proses pendidikan memiliki tanggungjawab dalam menjadikan manusia yang berkarakter, memiliki jiwa yang bersih, serta berdisiplin tinggi. Dalam menjalankan proses pendidikan yang baik diperlukan pelaksanaan manajemen yang baik pula dalam mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan. Dalam pelaksanaan manajemen ini dilakukan oleh kepala lembaga pendidikan, yaitu Kepala Sekolah. Dalam meningkatkan kedisiplinan siswa diperlukan pola manajemen yang dilaksanakan Kepala Sekolah yang baik untuk mencapai hal tersebut. Rumusan masalah penelitian ini adalah: bagaimana pola manajemen Kepala Sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di Madrasah Aliyah Negeri 3 Padang Lawas Kecamatan Aek Nabara Barumun Kabupaten Padang Lawas. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sumber data yang dibutuhkan adalah Kepala Sekolah, guru, serta staff sekolah lainnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik penjamin keabsahan data yang digunakan adalah perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Dan teknik pengolahan serta analisi data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan reduksi data, deskripsi data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah pola manajemen Kepala Sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MAN 3 Padang Lawas, yaitu; Pertama, perencanaan program, peraturan, dan ketentuan serta bekerja sama dengan orangtua siswa. Kedua, pengorganisasian atau membentuk guru pengawas (piket) harian. Ketiga, pelaksanaan setiap program, peraturan, dan ketentuan yang berlaku. Keempat, pengawasan setiap program, peraturan, dan ketentuan yang berlaku, apakah telah dilaksanakan dengan baik atau tidak. Kelima, mengevaluasi setiap program, ketentuan, dan peraturan yang dilaksanakan apakah sudah sesuai dengan tujuan yang diharapkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Hj. Asfiati, S.Ag., M.Pd dan Nursyaidah, M.Pd. |
Keywords: | Disiplin; Kepala Sekolah; Pola Manajemen; Siswa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 06 May 2021 01:37 |
Last Modified: | 06 May 2021 01:37 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6625 |
Actions (login required)
View Item |