Marito, Putri (2020) Strategi bauran pemasaran pada PT. Asuransi Jiwa Bumiputera Cabang Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1640100194.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang masalah yaitu terjadinya penurunan jumlah nasabah pada PT. Asuransi Jiwa Bumiputera Cabang Padangsidimpuan pada tahun 2017, 2018, 2019 dan 2020 hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya faktor promosi yang belum optimal. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah penerapan bauran pemasaran pada PT. Asuransi Jiwa Bumiputera Cabang Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi bauran pemasaran pada PT. Asuransi Jiwa Bumiputera Cabang Padangsidimpuan. Pemasaran merupakan salah satu faktor yang sangat penting bagi perusahaan dalam meningkatkan volume penjualan. Strategi pemasaran merupakan salah satu langkah-langkah yang secara umum berurutan dari awal sampai akhir dalam proses pemenuhan kebutuhan melalui aktivitas orang lain secara langsung, sehingga dengan adanya strategi pemasaran produk-produk asuransi jiwa ini diharapkan segala keinginan dan kebutuhan masyarakat maupun pelanggan dapat terpenuhi dengan baik dan terorganisir dengan baik pula. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah karyawan dan nasabah pada PT. Asuransi Jiwa Bumiputera Cabang Padangsidimpuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi bauran pemasaran pada PT. Asuransi Jiwa Bumiputera Cabang Padangsidimpuan dapat disimpulkan bahwa strategi yang digunakan adalah meliputi 7P yaitu Product, Price, Promotion, Place, People, Process, dan Physical Evidence. Strategi yang diandalkan oleh PT. Asuransi Jiwa Bumiputera Cabang Padangsidimpuan dari marketing mix yaitu hanya harga atau premi dari produk asuransi jiwa syariah saja. Sedangkan strategi promosi di PT. Asuransi Jiwa Bumiputera Cabang Padangsidimpuan belum dilaksanakan dengan baik sehingga menyebabkan jumlah nasabah mengalami penurunan. Walaupun strategi harga dari produk asuransi jiwa syariah yang paling diandalkan namun strategi bauran pemasaran tersebut harus saling mendukung agar strategi bauran pemasaran pada PT. Asuransi Jiwa Bumiputera Cabang Padangsidimpuan yang ada semakin baik dan nasabahnya semakin meningkat secara signifikan dan terus mencapai target yang memuaskan setiap tahunnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Arbanur Rasyid, M.A. dan Ja'far Nasution LC., M.E.I |
Keywords: | Strategi Pemasaran; Asuransi Jiwa; Syariah |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 15 Mar 2021 03:04 |
Last Modified: | 15 Mar 2021 03:04 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6537 |
Actions (login required)
View Item |