Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pemasaran produk funding di. PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk KCP Panyabungan

Suchro, Patimah (2020) Strategi pemasaran produk funding di. PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk KCP Panyabungan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1640100127.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pada tahun 2019 jumlah nasabah mengalami penurunan dibandingkan pada tahun sebelumnya kurangnya pemahaman dan pengetahuan masyarakat Panyabungan mengenai produk funding PT Bank Muamalat Indonesia KCP Panyabungan sehingga minat masyarakat terhadap bank syariah masih kurang, banyaknya pesaing baru menjadi pesaing berat bagi bank. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui straegi yang dilakukan oleh PT Bank Muamalat Indonesia KCP Panyabungan memasarkan produk funding dalam meningkatkan jumlah nasabah, dan kendala-kendala yang dihadapi oleh Bank Muamalat Indonesia KCP Panyabungan dalam memasarkan produk funding. Berdasarkan penelitian ini teori yang dilakukan dalam strategi pemasaran produk funding yang diterapkan di Bank Muamalat Indonesia, Tbk KCP Panyabungan dalam meningkatkan jumlah nasabah yaitu dengan strategi Penetrasi Pasar dipadukan dengan Bauran Pemasaran, strategi produk (product), promosi (promotion), proses (process), harga (price), lokasi (place), orang (people), serta buki fisik (physical evidenc). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriftif. Dan adapun subjek penelitian ini adalah karyawan maupun staf di PT Bank Muamalat Indonesia KCP Panyabungan. Teknis pengumpulan data dengan menggunakan teknis wawancara, observasi dengan subjek penelitian dokumentasi. Sedangkan teknis data menggunakan kualitatif deskriftif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah peneliti lakukan, strategi yang dilakukan oleh PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk KCP Panyabungan adalah dengan menerapkan Penetrasi Pasar. Serta dengan menerapkan tujuh unsur yang terdapat pada bauran pemasaran atau Marketing Mix. Dengan berbagai macam cara yaitu seperti melakukan sosialisasi produk ke majelis dan melakukan pendekatan secara emosional. Faktor yang mempengaruhi menurunnya jumlah nasabah ataupun tidak tercapainya target pada tahun 2019 dipengaruhi oleh berbagai faktor yang berasal dari lingkungan internal dan eksternal, dan juga promosi yang belum optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: H. Aswadi Lubis, SE.,M.Sidan Rini Hayati Lubis, M.P
Keywords: Strategi; Pemasaran; Produk Funding
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 15 Mar 2021 01:54
Last Modified: 15 Mar 2021 01:54
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6435

Actions (login required)

View Item View Item