Ramadhani, Aulia (2020) Strategi public relations dalam membangun kepuasan layanan terhadap konsumen di PT. Pegadaian Syariah Sipirok. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1640100129.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah strategi public relations dalam membangun kepuasan layanan terhadap konsumen sudah efektif yaitu dibuktikan dengan budaya pelayanan prima yang dijalankan dan dengan standar operasional pelayanan (SOP), akan tetapi public relations dalam membangun kepuasan konsumen yang dilakukan masih kurang efektif dapat diketahui pengetahuan atau edukasi nasabah mengenai produk dan jasa masih sangat sedikit. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi public relations Pegadaian Syariah Sipirok dalam membangun kepuasan layanan terhadap konsumen, apakahstrategi public relations Pegadaian Syariah Sipirok sudah efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi public relations Pegadaian Syariah Sipirok dalam membangun kepuasan layanan terhadap konsumen, dan untuk mengetahuistrategi public relations Pegadaian Syariah Sipirok apakah sudah efektif. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan strategi public relations dalam membangun kepuasan layanan terhadap konsumen, sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan public relations atau hubungan masyarakat, kepuasan konsumen, dan layanan yaitu membahas tentang pengertian, strategi, tujuan, fungsi, public relations atau hubungan masyarakat di Pegadaian Syariah Sipirok. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pegawai/karyawan Pegadaian Syariah Sipirok dan nasabah sebanyak 10 orang, sumber data yang digunakan yaitu data primer. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian, memunjukkan bahwa strategi public relations dalam membangun kepuasan layanan terhadap konsumen sudah efektif, hal ini dibuktikan terjalinnya hubungan yang baik antara pihak pegadaian syariah sipirok dengan konsumen. Dalam hal kepuasan konsumen masih kurang efektif, hal ini dibuktikan promosi yang kurang dan nasabah sendirilah yang datang dan mencari tahu. Kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen sudah cukup efektif dengan menggunakan Standar operasional pelayanan (SOP), dan budaya pelayanan prima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Budi Gautama Siregar, S.Pd., MM dan Azwar Hamid M.A |
Keywords: | Public Relations; Pelayanan; Kepuasan Konsumen |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Mr. Muhammad Ihsan Ritonga |
Date Deposited: | 15 Mar 2021 01:55 |
Last Modified: | 15 Mar 2021 01:55 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6434 |
Actions (login required)
View Item |