Pohan, Irpan Suleman (2020) Analisis swot penggunaan media promosi dalam pemasaran produk tabungan Ib Muamalat haji dan umrah pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk. Kcp. Panyabungan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1640100257.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Jumlah nasabah produk Tabungan Haji IB Muamalat Haji dan Umrah pada PT. Bank Muamalat Indoensia. Tbk. KCP. Panyabungan masih mengalami fluktuasi tiap tahunnya mulai dari tahun 2011 sampai dengan tahun 2019. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Media promosi yang dilakukan PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk. KCP. Panyabungan dalam memasarkan produk tabungan IB Muamalat Haji dan Umrah ? Bagaimana kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman (analisis SWOT) dalam memasarkan produk tabungan IB Muamalat Haji dan Umrah pada PT. Bank Mauamalat Indonesia. Tbk. KCP. Panyabungan?. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan Media Promosi dan Analisis SWOT. SWOT adalah bentuk analisis situasi dan kondisi yang bersifat deskriptif (memberi gambaran) sehingga bank bisa mengetahui apa saja yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang mereka miliki. Subjek penelitian ini adalah karyawan Bank Muamalat Indonesia,Tbk. KCP. Panyabungan khususnya bagian pemasaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan Media Promosi yang dilakukan Bank Muamalat Indonesia, Tbk. KCP. Panyabungan adalah media Periklanan dengan memakai media cetak, Media Promosi Pulisitas (Publicity) dengan menghadiri kegiatan masyarakat seperti menghadiri pengajian/ Perwiritan dan berkunjung ke sekolah-sekolah, Media Penjualan Pribadi (Personal Selling) dengan cara mengunjungi rumah-rumah masayarakat atau calon nasabah. Analisis SWOT Produk tabungan IB Muamalat Haji dan Umrah Bank Muamalat Indonesia. Tbk. KCP. Panyabungan yaitu Kekuatan (strenghts) Bank Muamalat Indonesia. Tbk. KCP. Panyabungan Mempromosikan setoran yang relatif murah dimana saldo minimum Rp. 50.000, Layanan Gratis, dan dapat diperuntukkan atas nama anak dibawah umur 17 tahun. Kelemahan (weaknesses) Promosi produk masih kurang dalam media elektronik seperti dari radio, iklan televisi, Internet dan Kurangnya dari media sosial pribadi. Peluang (opportunities) Lokasi yang strategis, Mayoritas penduduk Beragama Islam, Pertumbuhan pangsa pasar yang semakin tinggi dan mengandalkan media promosi Publisitas, penjualan pribadi yang dimana dengan menghadiri kegiatan masyarakat, berkunjung ke sekolah-sekolah serta bersosialisasi dengan masyarakat. Ancaman (threats) Banyaknya persaingan antar bank yang dimana saling menawarkan produk tabungan Haji, Wilayah Kabupaten Madina yang cukup luas sehingga dalam mempromosikan produk belum terjangkau sampai ke pelosok-pelosok daerah dan Kurangnya antusias masyarakat untuk menggunakan tabungan haji.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | H. Aswadi Lubis, SE., M.Si dan Hamni Fadlilah Nasution, M.Pd |
Keywords: | SWOT; Media Promosi; Pemasaran; Tabungan IB Muamalat Haji dan Umrah |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Mr. Muhammad Ihsan Ritonga |
Date Deposited: | 17 Mar 2021 09:05 |
Last Modified: | 17 Mar 2021 09:05 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6422 |
Actions (login required)
View Item |