Rohima, Siti (2016) Pengaruh nilai taksiran dan faktor situasional nasabah terhadap keputusan nasabah dalam melakukan gadai di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Alaman Bolak Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
11 220 0034.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi jumlah nasabah yang menggadai di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan pada periode 2010-2014 yang selalu naik turun. Dimana setiap harinya banyak nasabah yang datang menggadai dan bahkan setiap hari selalu ada saja nasabah baru yang melakukan transaksi gadai ataupun nasabah yang tidak jadi melakukan transaksi gadai. Hal ini terjadi karena sudah tentu ada faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah dalam menggunakan jasa PT. Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan sehingga jumlah nasabah mengalami fluktuasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui suatu pengaruh Nilai Taksiran dan Faktor Situasional Nasabah Terhadap Keputusan Nasabah dalam Melakukan Gadai di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu non perbankan dan pemasaran bank. Sehubungan dengan hal itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan nilai taksiran, faktor situasional nasabah, dan keputusan nasabah. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dimana jumlah sampel 97 orang yang diambil dari populasi 3091 nasabah. Analisis yang digunakan yaitu uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, koefisien determinasi, uji t, uji F, uji regresi linear berganda, dan untuk pengolahan data dilakukan dengan bantuan software SPSS 22. Dari hasil perhitungan regresi yang dilakukan maka diperoleh persamaan Y’=14,718 + 0,208X1+ 0,325X2+e, dengan kata lain nilai taksiran dan faktor situasional memiliki pengaruh positif terhadap keputusan nasabah. Terlihat pada uji t, dimana thitung (2,005)> ttabel (1,985) untuk nilai taksiran, dan thitung (3,233)> ttabel (1,985) untuk faktor situasional. Dan pada uji F, terlihat bahwa Fhitung (12,033) >Ftabel (3,092). Koefisien determinasi (R2) sebesar yang berarti keputusan nasabah dipengaruhi oleh faktor nilai taksiran dan faktor situasional nasabah sebesar ,dan sisanya sebesar dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Data dalam penelitian ini berdistribusi normal dan tidak terjadi multikolinearitas maupun heteroskedastisitas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pegadaian; pemasaran bank |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 26 Mar 2020 03:45 |
Last Modified: | 09 Apr 2020 00:55 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/64 |
Actions (login required)
View Item |