Yanti, Nina (2020) Strategi pemasaran pembiayaan pensiun Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Panyabungan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1640100169.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Persaingan yang semakin ketat mendorong setiap bank harus mampu memenuhi kebutuhan dan keinginan nasabah dengan cepat. Salah satu produk yang diluncurkan oleh Bank Syariah Mandiri adalah produk pembiayaan pensiun pada April 2016. Pembiayaan kepada pensiunan merupakan penyaluran fasilitas pembiayaan konsumer yang ditujukan kepada para pensiunan, pra pensiun dan janda pensiun dengan pembayaran angsuran yang dilakukan melalui pemotongan uang pensiun langsung yang diterima oleh bank setiap bulan (pensiun bulanan). Di Panyabungan bukan hanya Bank Syariah Mandiri KCP Panyabungan saja yang memiliki produk pembiayaan pensiun, produk ini juga ada pada Bank Sumut dan Kantor Pos. setiap lembaga keuangan harus mampu memadukan seluruh aspek yang terkandung dalam strategi pemasaran. Sejak diluncurkannya pembiayaan pensiun pada Bank Syariah Mandiri KCP Panyabungan, jumlah nasabahnya berjumlah 99 Nasabah. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran pembiayaan pensiun pada Bank Syariah Mandiri KCP Panyabungan beserta hambatan-hambatannya. Dari rumusan tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran pembiayaan pensiun pada Bank Syariah Mandiri KCP Panyabungan beserta hambatan-hambatannya. Penelitian ini membahas tentang strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan pensiun, sehingga pendekatan teori disesuaikan dengan ruang lingkup yang dibahas, yaitu pengertian strategi pemasaran, pembiayaan, pembiayaan pensiun dan nasabah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh Bank Syariah Mandiri KCP Panyabungan adalah bekerja sama dengan Badan Kepegawaian Daerah, Pengajian yang diadakan tiga bulan sekali dengan adanya pengecekan kesehatan gratis dan Angsuran per bulan yang lebih murah dibandingkan dengan lembaga keuangan lainnya. Adapun hambatan dalam pemasarannya adalah terkendala di waktu sehingga pihak dari Bank Syariah Mandiri KCP Panyabungan mempromosikan pembiayaan pensiun yaitu pada saat gajian di awal bulan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Delima Sari Lubis dan Ali Hardana |
Keywords: | Strategi pemasaran; pembiayaan; pembiayaan pensiun; nasabah |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 21 Dec 2020 02:41 |
Last Modified: | 21 Dec 2020 02:41 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6236 |
Actions (login required)
View Item |