Harahap, Irma Suryani (2010) Motivasi guru dalam menanamkan sifat jujur pada siswa di SMP Negeri 1 Pasar Latong. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
05 310 794.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (475kB) |
Abstract
Adapun yang menjadi rumusan masalah ini adalah menggambarkan bentuk-bentuk motivasi guru dalam menanamkan sifat jujur pada siswa, bentukbentuk sifat jujur yang ditanamkan guru pada siswa, keadaan sifat jujur pada siswa dan usaha-usaha guru menanamkan sifat jujur pada siswa, dan faktor-faktor penghambat dan solusinya guru dalam menanamkan sifat jujur pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk motivasi guru dalam menanamkan sifat jujur pada siswa, bentuk-bentuk sifat jujur yang dinamakan guru pada siswa, keadaan sifat jujur pada siswa, dan usaha-usaha guru menanamkan sifat jujur pada siswa, dan faktor-faktor penghambat dan solusinya guru dalam menanamkan sifat jujur pada siswa. Pengolahan dan analisis data dipergunakan secara kualitatif. Dalam hal ini seluruh data yang berbentuk uraian atau paparan diolah secara kualitatif. Dengan demikian sebelum dilaksanakan pengolahan lebih lanjut, seluruh data yang telah terkumpul diklasifikasikan berdasarkan jenisnya, yaitu memilih data secara kualitatif. Setelah data terkumpul maka dilaksanakan pengolahan dan analisis ata dengan teknik antara lain: editing data, klasifikasi data, reduksi data. Berdasarkan hasil penelitian terlihat bahwa bentuk-bentuk motivasi guru dalam menanamkan sifat jujur pada siswa dimulai dari bentuk motivasi instrinsik dan bentuk motivasi ekstrinsik. Sedangkan bentuk-bentuk sifat jujur yang ditanamkan guru pada siswa dilakukan dengan jujur dalam perkataan, jujur dalam niat dan kemauan, jujur dalam pendirian, jujur dalam kesetiaan pada rencana, jujur dalam perbuatan, jujur dalam menjalankan ajaran-ajaran agama secara menyeluruh. Dan keadaan sifat jujur pada siswa yaitu siswa bersikap benar, siswa jujur dalam menepati janji, siswa bersikap rendah hati, siswa bersikap ramah tamah. Dan usaha-usaha guru menanamkan sifat jujur pada siswa dilakukan dengan melalui keteladanan, melalui adat pembiasaan, dengan memberikan nasehat, dengan memberikan perhatian /pengawasan. Dan faktor penghambat dan solusinya guru dalam menanamkan sifat jujur pada siswa yaitu faktor diri sendiri, faktor keluarga, faktor di sekolah, dan faktor lingkungan masyarakat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Armyn Hasibuan dan Agus Salim Lubis |
Keywords: | Motivasi guru; sifat jujur siswa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 04 Dec 2020 03:17 |
Last Modified: | 04 Dec 2020 03:17 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6164 |
Actions (login required)
View Item |