Fahmi, Sul (2008) Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan baca tulis al-qur’an siswa kelas XI SMAN 8 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
04 310 723.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (955kB) |
Abstract
Skripsi ini berjudul “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa Kelas XI SMAN 8 Padangsidimpuan”. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas XI SMAN 8 Padangsidimpuan, bagaimana kemampuan menulis al-Qur’an siswa kelas XI SMAN 8 Padangsidimpuan dan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan baca tulis alQur’an siswa kelas XI SMAN 8 Padangsidimpuan. Berdasarkan masalah yang diangkat, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas XI SMAN 8 Padangsidimpuan, untuk mengetahui bagaimana kemampuan menulis al-Qur’an siswa kelas XI SMAN 8 Padangsidimpuan dan untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan baca tulis al-Qur’an siswa kelas XI SMAN 8 Padangsidimpuan. Untuk mengetahui hasil penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan field research (riset lapangan) dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Berdasarkan pembahasan dan hasil penelitian yang dilaksanakan, maka peneliti berkesimpulan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas XI SMAN 8 Padangsidimpuan tergolong baik. Kesimpulan ini didasarkan dari persentasi hasil tes kemampuan tajwid siswa mencapai 75%, kemampuan makhārijul hurūf siswa mencapai 78.26%, kemampuan faşāhah siswa mencapai 92.39% dan kemampuan menulis ayat-ayat al-Qur’an siswa berdasarkan kaidah-kaidah imlā’iyyah mencapai 82%. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan baca tulis al-Qur’an siswa kelas XI SMAN 8 Padangsidimpuan ada dua, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal mencakup tingginya minat dan motivasi siswa dalam belajar serta materi baca tulis al-Qur’an mudah dipahami siswa. Faktor eksternal mencakup kompetensi dan keterampilan mengajar guru baca tulis al-Qur’an, bahan/materi pelajaran baca tulis al-Qur’an tersusun secara runtun, logis dan sistematis serta media pembelajaran baca tulis al-Qur’an memadai di SMAN 8 Padangsidimpuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Prof. Dr. Baharuddin, M.Ag dan H. Ali Anas Naution, M.A |
Keywords: | Kemampuan baca tulis Al-qur’an siswa |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 02 Dec 2020 04:39 |
Last Modified: | 02 Dec 2020 04:39 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6140 |
Actions (login required)
View Item |