Harahap, Asrina Sari (2020) Upaya guru dalam meningkatkan prestasi belajar fikih pada siswa Kelas XI MA YPKS Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1620100048.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah karena prestasi belajar fikih pada siswa kelas XI MA YPKS Padangsidimpuan baik, ini terlihat pada nilai akhir yang diperoleh dari guru fikih tersebut, oleh karena itu peneliti tertarik mengangkat judul “upaya guru dalam meningkatkan prestasi belajar fikih pada siswa kelas XI MA YPKS Padangsidimpuan” maka peneliti ingin meneliti apa upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan prestasi belajar fikih pada siswa kelas XI MA YPKS Padangsidimpuan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih dikelas XI MA YPKS Padangsidimpuan serta Apa upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Fikih siswa kelas XI MA YPKS Padangsidimpuan. Kemudian yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di kelas XI MA YPKS Padangsidimpuan, dan untuk mengetahui apa upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan prestasi belajar Fikih pada siswa kelas XI MA YPKS Padangsidimpuan. Metodologi penelitian ini adalah kualitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumen. Sumber data yang dibutuhkan diperoleh dari informan yaitu Guru Fikih di MA YPKS Padangsidimpuan dan siswa kelas XI MA YPKS Padangsidimpuan untuk data primer dan data skunder Kepala Sekolah MA YPKS Padangsidimpuan, serta Guru Wali Kelas XI MA YPKS Padangsidimpuan. Hasil penelitian yaitu bahwa upaya guru dalam meningkatkan prestasi belajar Fikih siswa kelas XI MA YPKS Padangsidimpuan penguasaan materi pembelajaran Fikih sesuai wawancara dan observasi mampu memahami dan menjabarkan jenis-jenis materi pembelajaran serta mengurutkan materi pembelajaran sesuai standar dan kurikulum. Pengelolaan program belajar mengajar di MA YPKS Padangsidimpuan mampu mengaplikasikan program belajar mengajar seperti membuat desain pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, serta mengevaluasi pembelajaran. Setiap melaksanakan pembelajaran harus mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran,Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Fikih pada Siswa Kelas XI MA YPKS Padangsidimpuan mampu menciptakan kelas dengan suasana yang baik dan kondusif serta mempunyai metode pembelajaran yang bervariasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. H. Syafnan M.Pd dan Hj. Hamidah, M.Pd. |
Keywords: | Upaya guru; Prestasi belajar; Fikih |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 01 Dec 2020 04:17 |
Last Modified: | 01 Dec 2020 04:18 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6115 |
Actions (login required)
View Item |