Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh promosi dan pelayanan terhadap keputusan nasabah menabung pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. Cabang Padangsidimpuan

Lubis, Riska Hartika (2020) Pengaruh promosi dan pelayanan terhadap keputusan nasabah menabung pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. Cabang Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
132200169.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini dilatarbelakangi perkembangan jumlah nasabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk Cabang Padangsidimpuan mengalami fluktuasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah promosi dan pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap keputusan nasabah menabung pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk Cabang Padangsidimpuan. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh promosi dan pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap keputusan nasabah menabung pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk Cabang Padangsidimpuan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu ekonomi makro dan perbankan syariah. Sehubungan dengan itu, pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan promosi, pelayanan dan keputusan serta bagian-bagian ilmu tertentu dari keilmuan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Teknik analisa data menggunakan metode regresi linier berganda, dengan uji normalitas, asumsi klasik, koefisien determinasi, uji t dan uji F. Proses pengolahan data dengan menggunakan program komputer yaitu SPSS versi 22.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel promosi memiliki thitung sebesar 6,434 dan ttabel sebesar 1,661. Sehingga thitung > ttabel (6,434> 1,661) maka Ha1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa secara parsial promosi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan nasabah menabung pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk Cabang Padangsidimpuan. Selanjutnya variabel pelayanan memiliki thitung sebesar 2,720 sedangkan ttabel sebesar 1,661. Sehingga thidung > ttabel (2,720 > 1,661) maka Ha2 diterima. Jadi dapat disimpulakan bahwa secara parsial pelayanan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan nasabah menabung pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk Cabang Padangsidimpuan. Secara simultan variabel pengaruh promosi dan pelayanan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan memilih bank syariah dengan nilai Fhitung sebesar 82,014 sedangkan Ftabel sebesar 2,36 sehingga Fhitung > Ftabel (82,014 > 2,36) maka Ha3 diterima. Selanjutnya, untuk nilai Sig. sebesar 0,000 sehingga nilai Sig. < 0,1 (0,000 < 0,1) maka Ha3 diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa secara simultan terdapat pengaruh promosi dan pelayanan secara simultan terhadap keputusan nasabah menabung pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk Cabang Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Arti Damisa, M.E.I dan Dr. H. Fatahuddin Aziz Siregar, M.Ag.
Keywords: Promosi; Pelayanan; Keputusan
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 11 Nov 2020 02:49
Last Modified: 11 Nov 2020 02:49
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6021

Actions (login required)

View Item View Item