Lubis, Seri Devi (2017) Pengaruh produk dan promosi terhadap keputusan nasabah memilih tabungan Muamalat iB Pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 220 0128.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Permasalahan penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya jumlah nasabah tabungan Muamalat iB pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan dibandingkan Nasabah Tabungan Lainnya. Hal ini disebabkan karena Tabungan Muamalat iB merupakan produk tabungan yang umum digunakan nasabah karena memiliki kemudahan dan kenyamanan bertransaksi kapan saja dan dimana saja. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah produk dan promosi mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah memilih tabungan Muamalat iB baik secara parsial dan simulutan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah produk dan promosi mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah memilih tabungan Muamalat iB. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang keputusan nasabah yang terdiri dari pengertian keputusan nasabah, proses pengambilan keputusan, pengaruh perilaku konsumen dan keputusan dalam perspektif islam. Selanjutnya teori tentang produk yang terdiri dari pendanaan, pembiayaan, dan terakhir teori promosi yang terdiri dari pengertian promosi, tujuan promosi, promosi dalam perspektif Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan sampel 95 nasabah dengan teknik pengambilan sampel adalah stratified random sampling. Pengolahan data dilakukan dengan SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial faktor produk mempunyai pengaruh terhadap keputusan nasabah memilih tabungan Muamalat iB dengan nilai thitung > ttabel (3,944 > 1,661), faktor promosi mempunyai pengaruh terhadap keputusan nasabah memilih tabungan Muamalat iB dengan nilai thitung > ttabel (5,404 > 1,661). Berdasarkan hasil uji secara simultan bahwa faktor produk dan faktor promosi mempunyai pengaruh terhadap keputusan nasabah memilih tabungan Muamalat dengan nilai Fhitung > Ftabel (228,803 > 2,36). Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi dapat diketahui bahwa 83,3% variabel produk dan promosi mampu mempengaruhi keputusan nasabah memilih tabungan Muamalat iB dan 16,7% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Rosnani Siregar, M.Ag dan Aliman Syahuri Zein,M.E.I |
Keywords: | Produk; Promosi; Nasabah |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 06 Nov 2020 07:30 |
Last Modified: | 25 May 2021 07:24 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6000 |
Actions (login required)
View Item |