Nasution, Siti Marliana (2011) Strategi guru pendidikan agama islam dalam peningkatan motivasi belajar di SMA Negeri 1 Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
06 311 082.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (514kB) |
Abstract
Skripsi ini mendeskripsikan rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana gambaran motivasi belajar di SMA Negeri 1 Batang Angkola Kab. Tapanuli Selatan. Apakah faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar pada Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Batang Angkola Kab. Tapanuli Selatan. Bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar di SMA Negeri 1 Batang Angkola Kab. Tapanuli Selatan. Dengan demikian Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui gambaran motivasi belajar di SMA Negeri 1 Batang Angkola Kab. Tapanuli Selatan. Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa pada Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Batang Angkola Kab. Tapanuli Selatan. Untuk mengetahui strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar di SMA Negeri 1 Batang Angkola Kab. Tapanuli Selatan Selanjutnya jenis data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah; gambaran motivasi belajar siswa, faktor-faktor dan kendala yang mempengaruhi motivasi belajar siswa, strategi guru Pendidikan Agama Islam. Dimana sumber pengambilan data penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer, yaitu guru Pendidikan Agama Islam dan siswa dan sumber data skunder, yaitu kepala tata usaha, guru-guru SMA 1 Batang Angkola selain dari guru Pendidikan Agama Islam. Instrumen pengumpulan data untuk mengumpulkan data yang digunakan adalah Observasi, yaitu kepada guru Pendidikan Agama Islam dan siswa yang dijadikan peneliti sebagai responden. Dan interview/wawancara, terhadap siswa, guru Pendidikan Agama Islam dan Kepala Sekolah, yang dianggap dapat memberikan data serta keterangan yang dibutuhkan dalam penelitian ini. Selanjutnya data yang dikumpulkan diolah dan dianalisa dengan menggunakan analisis deskriptif dengan menggunakan metode berfikir induktif dan metode berfikir deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru Pendidikan Agama Islam yang dilaksanakan oleh guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Batang Angkola Kab. Tapanuli Selatan adalah seperti menggabungkan beberapa metode dalam satu materi yang diajarkan, juga dengan mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa (Inovasi Pembelajaran PAI dari Kontekstualisme Hingga Konstruktivisme) berjalan dengan baik sesuai hasil wawancara peneliti dengan para siswa, guru Pendidkan Agama Islam dan Kepala Sekolah di SMA Negeri 1 Batang Angkola Kab. Tapanuli Selatan. Selanjutnya manfaat yang terlihat dalam strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam peningkatan motivasi, guru melihat motivasi anak meningkat, serta siswa semakin aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Sedangkan hambatan yang didapati dalam pelaksanaan strategi guru Pendidikan Agama Islam adalah karena kurangnya media yang diperlukan dalam pelaksanaan strategi belajar, kurangnya alokasi waktu yang disediakan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, serta kurangnya kemampuan guru dalam memahami motif yang berbeda pada setiap individu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. H. Syafnan, M.Pd dan Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd |
Keywords: | Strategi guru pendidikan agama islam; Motivasi belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 06 Nov 2020 02:39 |
Last Modified: | 06 Nov 2020 02:39 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5993 |
Actions (login required)
View Item |