Hasibuan, Muhammad Ikbal (2017) Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan mahasiswa FEBI IAIN Padangsidimpuan menjadi nasabah bank syariah. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 220 0032.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Mahasiswa yang mengetahui mengenai perbankan syariah diharapkan menggunakan bank syariah karena dengan pengetahuan yang dimilikinya mereka bisa menilai dan membandingkan keunggulan jasa yang ditawarkan oleh bank syariah, namun ternyata kebalikanya mereka mengetahui mengenai bank syariah tetapi tidak menggunakan jasa bank syariah , dan suadah tau perbedaanya tetapi kenapa tetap kecil persentase pengguna perbankan syariah. Mahasiswa yang menggunakan bank syariah didasarkan pada faktor-faktor yang mempengaruhinya menjadi nasabah bank syariah, yaitu faktor produk, faktor bagi hasil dan faktor pelayanan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah produk, bagi hasil, dan pelayanan berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam menjadi nasabah bank syariah. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui pengaruh produk bagi hasil, dan pelayanan, terhadap keputusan mahaisiswa FEBI IAIN Padangsidmpuan menjadi nasabah bank syariah, secara parsial dan simultan. Kegunaan penelitian ini adalah bagi peneliti, bagi perbankan syariah, dan bagi peneliti selanjutnya. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu Manajemen Pemasaran. Adapun teori-teori yang berkaitan dengan manajemen pemasaran dalam skripsi ini meliputi teori tentang produk, bagi hasil, pelayanan dan teori manajemen lainya. Jenis penelitian yang digunakan ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan instrument pengumpulan data menggunakan angket yang diberikan kepada 89 responden. Adapun uji analisis yang digunakan antara lain analisis deskriftif, uji validitas dan realibilitas, linearitas, pengujian asumsi klasik dan analisis regresi berganda. Pengolahan data dilakukan pada SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial produk berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa dengan nilai thitung > ttabel (4,299 > 1,662) kemudian faktor bagi hasil tidak terdapat pengaruh terhadap keputusan mahasiswa dengan nilai thitung < t tabel ( 0,408 < 1,662) sedangkan faktor pelayanan berpengruh terhadap keputusan mahasiswa dengan nilai thitung > ttabel ( 1,942 > 1,662). Secara simultan produk, bagi hasil dan pelayanan berpengaruh dengan nilai Fhitung > Ftabel (10,362 > 2, 710).Secara parsial, dari ketiga faktor tersebut yang paling dominan mempengaruhi keputusan mahasiswa menjadi nasabah bank syariah adalah faktor produk.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Mudzakkir Khotib Siregar,MA dan Hamni Fadlilah Nasution,M.Pd |
Keywords: | Produk., Bagi hasil., Pelayanan., Keputusan |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 06 Nov 2020 02:05 |
Last Modified: | 06 Nov 2020 02:05 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5986 |
Actions (login required)
View Item |