Harahap, Rohima (2016) Pengaruh pengetahuan mahasiswa Perbankan Syariah fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan terhadap minat menggunakan jasa Perbankan Syariah. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
12 220 0124.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Perbankan syariah adalah Islamic banking yang mempunyai fungsi utama yaitu menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkannya kembali. Bank syariah merupakan lembaga keuangan yang produk dan pengoperasiannya berlandaskan Al-Qur’an dan hadits Nabi SAW. Bank syariah sendiri sudah melakukan promosi terhadap lingkungan mahasiswa IAIN Padangsidimpuan yang khusus jurusan perbankan syariah. Pada dasarnya mahasiswa perbankan syariah yang notabennya sudah lebih banyak mempelajari ilmu tentang perbankan syariah adalah yang menjadi latar belakang disini yakni apakah dengan pengetahuan mahasiswa jurusan perbankan syariah berpengaruh terhadap minat menggunakan jasa perbankan syariah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Pengaruh Pengetahuan Mahasiswa Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan Terhadap Menggunakan Jasa Perbankan Syariah Penelitian ini berkaitan tentang pengetahuan mahasiswa tentang perbankan syariah yaitu tentang definisi, lokasi, prinsip-prinsip dan produk-produk bank syariah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan sampel 85 dengan teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial definis mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat menggunakan jasa bank syariah dengan nilai thitung> ttabel (2,813 > 1,662), lokasi tidak mempunyai pengaruh terhadap minat menggunakan jasa bank syariah dengan nilai thitung> ttabel (0,243 <1,662), prinsipprinsip tidak mempunyai pengaruh terhadap minat menggunakan jasa bank syariah dengan nilai thitung> ttabel (0,805< 1,664), produk-produk mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat menggunakan jasa bank syariah dengan nilai thitung> ttabel (4,111 > 1,662). Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi dapat diketahui bahwa 68,6% variabel definisi, lokasi, prinsip-prinsip, dan produk-produk mampu mempengaruhi minat mahasiswa dan 31,4% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengetahuan (definisi, lokasi, prinsip-prinsip, dan produkproduk); minat mahasiswa menggunakan jasa perbankan syariah |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 24 Mar 2020 03:25 |
Last Modified: | 09 Apr 2020 00:58 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/59 |
Actions (login required)
View Item |