Rangkuti, Aisyah (2012) Pembelajaran pendidikan agama Islam pada kelas XI IPA1 di SMA Negeri 3 Padangsidimpuan (studi tentang peranan guru kelas). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
07 310 0115.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Skripsi ini berjudul “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Kelas XI IPA1 di SMA Negeri 3 Padangsidimpuan (Studi tentang Peranan Guru Kelas)”. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada kelas XI IPA1 di SMA Negeri 3 Padangsidimpuan, bagaimana peran guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada kelas XI IPA1 di SMA Negeri 3 Padangsidimpuan, bagaimana efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada kelas XI IPA1 di SMA Negeri 3 Padangsidimpuan, dan apa faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada kelas XI IPA1 di SMA Negeri 3 Padangsidimpuan. Penelitian yang dilaksanakan adalah dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yakni menggambarkan dan menginterpretasi objek sesuai dengan apa adanya dan menganalisisnya dengan menggunakan logika ilmiah. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Padangsidimpuan. Instrument pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara dan observasi. Setelah penelitian ini dilaksanakan dapat diketahui bahwa pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada kelas XI IPA1 di SMA Negeri 3 Padangsidimpuan yaitu dilaksanakan satu kali dalam seminggu, yaitu setiap hari rabu pukul 10.15-11.45, 2 jam pelajaran dengan waktu 90 menit. Dan Peran guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada kelas XI IPA1 di SMA Negeri 3 Padangsidimpuan yaitu sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, penasehat dan teladan (contoh). Adapun efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada kelas XI IPA1 di SMA Negeri 3 Padangsidimpuan berlangsung efektif, karena ketika mengajar guru Pendidikan Agama Islam menggunakan variasi mengajar dan menggunakan media, yaitu media pandang (visual) misalnya buku, gambar dan demonstrasi. Sedangkan faktor pendukung dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada kelas XI IPA1 di SMA Negeri 3 Padangsidimpuan adalah faktor dari sekolah itu sendiri, dukungan dari Kepala Sekolah, dukungan dari guru Pendidikan Agama Islam pada kelas XI IPA1, kemauan siswa/anak didik pada kelas XI IPA1 dan penyediaan sarana dan prasarana pembelajaran. Dan faktor penghambatnya adalah guru Pendidikan Agama Islam pada kelas XI IPA1 yang terkadang tidak mampu mengontrol siswa/anak didik yang suka mengganggu konsentrasi temannya yang lain ketika belajar, siswa/anak didik yang tidak semangat, dan kurangnya ketersediaan sarana dan prasarana pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Muhammad Darwis Dasopang dan Asfiati |
Keywords: | pendidikan Islam; guru |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 13 Oct 2020 03:39 |
Last Modified: | 13 Oct 2020 03:39 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5616 |
Actions (login required)
View Item |