Husein, Saddam (2012) Kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam kaitannya dengan minat belajar siswa MTs. Pondok Pesantren Al-Azhar Bi’ibadillah Desa Ujunggading Kecamatan Batang Angkola. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
07 310 0184.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah kompetensi pedagogik guru PAI di pondok pesantren Al-Azhar Bi’ibadillah Desa Ujunggading Kecamatan Batang Angkola (2) bagaimanakah minat belajar Siswa MTs. Pondok Pesantren Al-Azhar Bi’ibadillah Desa Ujunggading Kecamatan Batang Angkola (3) apakah ada hubungan yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru PAI dengan minat belajar Siswa MTs. Pondok Pesantren Al-Azhar Bi’ibadillah Desa Ujunggading Kecamatan Batang Angkola Penulisan skripsi ini bertujuan: (1) untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru PAI di pondok pesantren Al-Azhar Bi’ibadillah Desa Ujunggading Kecamatan Batang Angkola. (2) untuk mengetahui minat belajar Siswa MTs. Pondok Pesantren Al-Azhar Bi’ibadillah Desa Ujunggading Kecamatan Batang Angkola. (3) untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru PAI dengan minat belajar Siswa MTs. Pondok Pesantren Al-Azhar Bi’ibadillah Desa Ujunggading Kecamatan Batang Angkola. Berdasarkan analisis data maka penelitian ini digolongkan kepada penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini seluruh siswa-siswi yang melangsungkan proses belajar mengajar di MTs. pondok pesanten al-Azhar Bi’ibadillah yang berjumlah 198 orang. Sedangkan sampel yang diambil sebanyak 25% dari 198 orang, yaitu 50 siswa. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah angket dan analisis data menggunakan rumus Korelasional Product Moment. Setelah dilakukan penghitungan dengan menggunakan rumus korelasi product moment, maka terdapat hubungan antara kompetensi pedagogik guru PAI dengan minat belajar Siswa MTs. Pondok Pesantren Al-Azhar Bi’ibadillah Desa Ujunggading Kecamatan Batang Angkola dengan diketahui nilai rxy 0.3663 lebih besar (>) dari rtabel pada taraf signifikan 5% (0,279) dan pada taraf signifikan 1% (0,361). Selanjutnya untuk mengetahui kesignifikanan dilakukan uji t dengan hasil thitung 2,7273 lebih besar (>) dari ttabel pada taraf signifikan 0,05 (1.6788) dan pada taraf signifikan 0,01(2.4098) maka hipotesis diterima artinya ada hubungan yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam dengan minat belajar siswa MTs. Pondok Pesantren Al-Azhar Bi’ibãdillah Desa Ujung Gading Kecamatan Batang Angkola.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Asnah dan Zulhammi |
Keywords: | Guru; kompetensi pedagogik; pesantren; pendidikan Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 12 Oct 2020 04:27 |
Last Modified: | 12 Oct 2020 04:27 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5595 |
Actions (login required)
View Item |