Romana, Wahyu (2016) Pengaruh produk dan harga terhadap minat nasabah tabungan marwah pada PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
11 220 0042.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi jumlah nasabah tabungan Marwah di PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan yang cenderung mengalami fluktuasi setiap bulannya selama periode 2014. Oleh karena fluktuasi itulah sudah tentu ada faktor yang mempengaruhi minat nasabah menggunakan tabungan Marwah tersebut, sehingga atas dasar itulah peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “Pengaruh Produk dan Harga Terhadap Minat Nasabah Tabungan MarwahPada PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan”. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan produk dan harga terhadap minat nasabah tabungan Marwah di PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan. Di mulai dari konsep tabungan, pemasaran yang dilakukan serta faktor-faktor yang menimbulkan minat nasabah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar hubungan dan pengaruh produk dan harga terhadap minat nasabah tabungan Marwah di PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan. Penelitian ini bersifat kuantitatifdeskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket, dimana jumlah sampel 98 responden yang diambil dari 4893 responden populasi. Selanjutnya untuk melihat pengaruh sumbangan variabelX1 dan X2kepada variabel Y digunakan rumus persamaan regresi linear berganda dan didukung oleh uji validitas, uji reliabilitas, ujihipotesis dan uji normalitas. Melalui hasil uji korelasi ganda diketahui bahwa hubungan ketiga variabel kuat, karena nilai R yang didapat sebesar 0,789 dan hampir mendekati 1. Dalam perhitungan uji F, hasil yang didapat untuk Fhitung = 78,235dan Ftabel= 3,09. Dengan demikian Fhitung > Ftabel. (78,235>3,09). Uji signifikansi dengan menggunakan uji t menunjukkan pengaruh positif dan signifikan kedua variabel X terhadap variabel Y. Dimana untuk variabel produk (X1) didapat thitung = 2,410 dimana thitung > ttabel(2,410 >-1,661). Uji t untuk variabel harga (X2) didapat thitung = 12,309dimana thitung > ttabel(12,309>-1,661). Hasil R square sebesar 0,622 hal ini berarti 62,2%. Produk dan harga mempengaruhi minat nasabah tabungan Marwah di PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Ikhwanuddin Harahap, M.Ag dan Bapak Abdul Nasser Hasibuan, S.E., M.S |
Keywords: | Perban Syariah; Nasabah |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Mr. Muhammad Ihsan Ritonga |
Date Deposited: | 15 Apr 2020 09:08 |
Last Modified: | 31 Aug 2020 08:06 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/550 |
Actions (login required)
View Item |