Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh motivasi terhadap keputusan mahasiswa menabung di Bank Syariah (studi kasus mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Padangsidimpuan)

Amzah, Muhamad Zulfakhri (2019) Pengaruh motivasi terhadap keputusan mahasiswa menabung di Bank Syariah (studi kasus mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Padangsidimpuan). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 220 0071.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini dilatarbelakangi mahasiswa progam studi perbankan syariah masih banyak menggunakan produk bank konvensional. Adapun permasalahan yang diteliti yaitu pengaruh motivasi terhadap keputusan mahasiswa menabung di Bank Syariah (Studi Kasus Mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Padangsidimpuan). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah motivasi mempunyai pengaruh terhadap keputusan mahasiswa menabung di Bank Syariah ( Studi Kasus Mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Padangsidimpuan ). Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang keputusan nasabah dan teori tentang motivasi. Secara umum penelitian ini banyak bersinggungan dengan teori-teori dalam ilmu manajemen pemasaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis uji regresi linear sederhana, koefisien determinasi (R2), signifikasi parsial (uji-t). Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan sampel 93 nasabah dengan teknik pengambilan sampel adalah sampel aksidental (convenience sampling). Pengolahan data dilakukan dengan SPSS versi 22. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan peneliti, terdapat pengaruh antara motivasi terhadap keputusan mahasiswa menabung di Bank Syariah (Studi Kasus Mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Padangsidimpuan). Hal tersebut diperoleh dari uji koefisien determinasi (R2) dengan nilai R square sebesar 0,714 atau 71,4% keputusan menabung dipengaruhi motivasi, sedangkan sisanya 28,6% dipengaruhi variabel lain yang tidak dijelaskan di penelitian ini. Hasil penelitian secara parsial (uji-t) menunjukkan bahwa motivasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan menabung, yang dibuktikan dengan nilai bahwa thitung > ttabel (14,987>1.291) atau Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. H. Fatahuddin Aziz Siregar, M.Ag. dan Aliman Syahuri Zein, M.E.I
Keywords: Motivasi; Keputusan Menabung
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 15 Apr 2020 07:51
Last Modified: 14 Jul 2020 02:27
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/542

Actions (login required)

View Item View Item