Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh promosi dan lokasi terhadap peningkatan nasabah produk gadai (rahn) pada PT. Pegadaian (persero) UPS Madina

Sarpinsyah, Bambang (2019) Pengaruh promosi dan lokasi terhadap peningkatan nasabah produk gadai (rahn) pada PT. Pegadaian (persero) UPS Madina. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 220 0098.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah masih banyak masyarakat yang kurang mengenal Pegadaian Syariah sehingga minimnya peningkatan masyarakat menjadi nasabah di Pegadaian Syariah. Jika dilihat penduduk Kabupaten Mandailing Natal yang mayoritas beragama Islam seharusnya menjadikan pangsa pasar yang baik bagi lembaga keuangan syariah termasuk Pegadaian Syariah. Namun jumlah nasabah Pegadaian Syariah mengalami kenaikan dari tahun 2017 sampai 2018. Oleh karena itu Pegadaian Syariah perlu melakukan promosi serta lokasi nyaman sehingga dapat menarik simpati nasabah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi dan lokasi terhadap peningkatan nasabah gadai (rahn) pada PT. Pegadaian (Persero) UPS Madina. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang-bidang ilmu perbankan syariah, lembaga keuangan non bank, promosi, lokasi dan peningkatan nasabah, sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan promosi, lokasi dan peningkatan nasabah. Penelitian yang dilakukan merupakan secara kuantitatif, dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen pengumpulan data yaitu, angket dengan jumlah sampel 60 responden, selanjutnya untuk pengolahan datanya dilakukan dengan batuan software SPSS versi 23. Berdasarkan hasil estimasi regresi yang dilakukan maka diperoleh R square sebesar 0,905 hal ini berarti 90,5% variabel promosi dan lokasi mampu menerangkan variabel peningkatan nasabah pada UPS Madina, sedangkan sisanya sebesar 9,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Hasil penelitian secara parsial (uji t) menyatakan bahwa, promosi berpengaruh signifikan terhadap peningkatan nasabah. Lokasi berpengaruh signifikan terhadap peningkatan nasabah. Dan secara simultan (uji F) menyatakan bahwa promosi dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap peningkatan nasabah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. H. Fatahuddin Aziz Siregar, M.Ag dan Nurul Izzah, S.E., M.Si
Keywords: Promosi; Lokasi; Peningkatan Nasabah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mr. Muhammad Nuddin
Date Deposited: 28 Sep 2020 01:51
Last Modified: 28 Sep 2020 01:51
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5324

Actions (login required)

View Item View Item