Sundari, Desi (2013) Persepsi mahasiswa terhadap kompetensi dosen matematika dan pengaruhnya terhadap minat belajar mahasiswa tadris matematika STAIN Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
09 330 0037.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan di STAIN Padangsidimpuan berdasarkan adanya perbedaan persepsi mahasiswa Tadris Matematika terhadap kompetensi dosen matematika yang terdiri dari kompetensi kepribadian, pedagogik, profesional, dan sosial, yang berakibatkan kepada minat belajar mahasiswa Tadris Matematika STAIN Padangsidimpuan. Berdasarkan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap kompetensi dosen matematika, untuk mengetahui minat belajar mahasiswa Tadris Matematika, dan untuk mengetahui pengaruh persepsi mahasiswa terhadap kompetensi dosen matematika dengan minat belajar mahasiswa Tadris Matematika STAIN Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif dan korelasional. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dilakukan dengan menggunakan instrumen pengumpulan data yaitu angket, dengan jumlah sampel 78 mahasiswa yang diambil dari populasi 310 mahasiswa. Selanjutnya untuk mengetahui hubungan antar kedua variabel digunakan rumus product moment dan untuk melihat pengaruh dan sumbangan variabel X kepada variabel Y digunakan rumus determinasi dan persamaan regresi linear sederhana, serta untuk melihat kesignifikanannya dilihat dengan menggunakan uji t dan F. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antar variabel X (persepsi mahasiswa terhadap kompetensi dosen matamtika) terhadap variabel Y(minat belajar mahasiswa Tadrsi Matematika STAIN Padangsidimpuan). Hal ini dibuktikan berdasarkan perhitungan uji F, dengan hasil uji F = 106,543. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel atau 106,543 > 3,968. Dan hasil koefisien korelasi yang diperoleh 0,764, dengan hubungan antara kedua variabel “kuat”, yang diuji kesignifikanannya dengan menggunakan uji t yang menghasilkan t sebesar 10,322. Hasil analisis data menunjukkan bahwa thitung > ttabel atau 10,322 > 1,667. Nilai r2 sebesar 0,584, menunjukkan bahwa 58,4% variabel X mempunyai kontribusi atau mempengaruhi variabel Y. Sebanyak 41,6% perubahan variabel Y ditentukan oleh faktor-faktor lain. Setiap tingkat variabel X mengakibatkan kenaikan variabel Y sebesar 0,718. Hal ini dapat dilihat dari persamaan regresi ܻ = 18 + 0,718ܺ. Berdasarkan hasil tersebut, hipotesis yang berbunyi bahwa ada pengaruh signifikan persepsi mahasiswa terhadap kompetensi dosen matematika dengan minat belajar mahasiswa Tadris Matematika STAIN Padangsidimpuan dapat dibuktikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Zulhimma dan Lelya Hilda |
Keywords: | Kompetensi dosen; persepsi mahasiswa; minat belajar; matematika |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 24 Sep 2020 03:35 |
Last Modified: | 24 Sep 2020 03:35 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5257 |
Actions (login required)
View Item |