Wahyuni, Sri (2014) Hubungan komunikasi interpersonal guru dan siswa dengan motivasi belajar matematika di kelas XI Madrasah Aliyah Swasta Al Azhar Bi Ibadillah Ujung Gading Tahalak. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
09 330 0098.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Dengan komunikasi orang dapat menyampaikan pengalaman kepada orang lain, sehingga pengalaman itu menjadi milik orang lain pula, tanpa mengalami sendiri.Dengan komunikasi seorang guru dapat menyampaikan informasi, ide, pengetahuan, sikap perbuatan dan sebagainya kepada siswa secara timbal balik, baik secara komunikator maupun komunikan.Sehingga dengan demikian terjalinlah hubungan komunikasi yang lancar antara guru dan siswa. Begitu juga, di pondok pesantren Al Azhar Bi ‘ibadillah Ujung Gading Tahalak, di dalam pesantren sudah jelas ada santri (siswa), pengasuh, dan ustadz yang berperan sebagai penggerak aktifitas yang ada di pesantren. Tidak bisa dipungkiri di pesantren ini pasti terjadi proses komunikasi interpersonal dalam memotivasi belajar matematika siswa, tetapi ada sebagian dari siswa kelihatan kurang bergairah dalam menerima pelajaran matematika, kurang serius dalam belajar, sering ribut saat proses belajar mengajar, perhatiannya tidak tertuju pada penjelasan guru. Selain itu, di pesantren juga masih kuat dengan hijab,misalnya adanya Satir (hijab) yang membatasi antara siswa dan siswi didalam ruangan agar tidak terjadi timbulnya fitnah, Interaksi antara ustad dengan siswi diluar proses pembelajaran atau sebaliknya, Kurangnya motivasi siswa ini diduga ada hubungannya dengan pola komunikasi interpersonal guru dan siswa. Padahal jika siswa mempunyai motivasi yang kuat dalam belajar matematika, sudah pasti hasil belajar siswa akan semakin baik . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Komunikasi Interpersonal Guru dan Siswa dengan Motivasi Belajar Matematika di kelas XI Madrasah Aliyah Swasta Al Azhar Bi Ibadillah Ujung Gading Tahalak. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Selanjutnya untuk menjaring data/informasi yang diperlukan penulis menyusun instrumen penelitian tentang kedua variabel tersebut. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi product moment yang bertujuan untuk menguji hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa kelas XI yang berjumlah 45 orang. Dari analisis data diperoleh beberapa temuan yaitu. Berdasarkan perhitungan koefisien korelasi antara variabel (X) terhadap variabel (Y) diperoleh koefisien korelasinya sebesar 0,841. Kemudian rhitung yang diperoleh dikonsultasikan terhadap rtabel. Berdasarkan perhitungan diketahui bahwa rhitung > rtabel pada taraf signifikan 5 % dengan derajat kebebasan dk= N-2 = 45 – 2 = 43 ditemukan rtabel sebesar 0,301. Maka rhitung 0,841 > rtabel 0,301, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan komunikasi interpersonal guru dan siswa dengan motivasi belajar matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Aswadi Lubis dan Zulhammi |
Keywords: | komunikasi interpersonal; motivasi belajar matematika |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 14 Sep 2020 07:15 |
Last Modified: | 14 Sep 2020 07:15 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4951 |
Actions (login required)
View Item |