Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pemasaran produk funding di PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Oloan Ummah Sidempuan

Kartika, Sri Ayu (2014) Strategi pemasaran produk funding di PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Oloan Ummah Sidempuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 220 0038.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini disusun oleh Sri Ayu Kartika, Nim 10 220 0038 berjudul Strategi Pemasaran Produk Funding Di PT Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Oloan Ummah Sidempuan. Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan. Pembimbing I: Muhammad Arsad Nasution M.Ag dan Pembimbing II: Abdul Nasser Hasibuan SE, M.Si Skripsi ini membahas mengenai strategi pemasaran produk funding yang dilakukan oleh PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Oloan Ummah Sidempuan. Melihat jumlah nasabah yang melakukan penghimpunan dana lebih sedikit dibandingkan dengan nasabah pembiayaan sehingga jumlah pembiayaan terbesar yaitu Rp 50.000.000,- jumlah ini masih sangat sedikit dibandingkan dengan bank-bank lainnya. Letaknya yang strategis juga memungkinkan nasabah untuk tertarik menabung ataupun menginvestasikan dananya di bank tersebut. Namun faktanya sangat berbeda dari apa yang diasumsikan. Hal tersebut membuat peneliti merasa tertarik untuk meneliti lebih dalam tentang strategi pemasaran produk funding di PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Oloan Ummah Sidempuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan strategi pemasaran produk funding di PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Oloan Ummah Sidempuan serta untuk mengetahui secara langsung implementasi strategi pemasaran produk funding di PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Oloan Ummah Sidempuan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriftif. Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan informasi dari segala gejala yang ada, yaitu gejala yang berdasarkan fakta pada saat penelitian. Penelitian dimaksudkan untuk menggambarkan secara sistematis mengenai fakta yang berhubungan dengan objek penelitian ini. Yaitu bagaimana perencanaan strategi pemasaran produk funding di PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Oloan Ummah Sidempuan.dan bagaimana implementasi strategi pemasaran produk funding di PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Oloan Ummah Sidempuan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Kegiatan perencanaan pemasaran yang akan dilakukan dimuat dalam rancangan kerja tahun. Perencanaan yang telah disusun dalam pengembangan produk penghimpunan dana pada tahun 2013 adalah meningkatkan fasilitas terhadap produk penghimpunan dana dengan memberikan souvenir kepada nasabah, perencanaan untuk menerbitkan produk baru meningkatkan promosi, dan meningkatkan frekuensi kunjungan kepada calon nasabah dengan menawarkan produk serta memberikan keyakinan calon nasabah. Kemudian implementasi strategi pemasaran PT. BPRS Oloan Ummah Sidempuan yaitu promosi secara berkelanjutan dengan jangka waktu yang relatif singkat, kemudian penerapan harga yang relatif murah dibandingkan dengan bank syariah lainnya, yaitu bank tidak mengenakan biaya administrasi pada rekening tabungan. PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Oloan Ummah Sidempuan juga memberikan layanan fasilitas jemput bola untuk nasabah tabungan maupun nasabah pembiayaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Arsad Nasution, M.Ag. dan Abdul Nasser Hasibuan, M.Si
Keywords: Strategi Pemasaran
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 10 Sep 2020 02:51
Last Modified: 10 Sep 2020 02:51
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4858

Actions (login required)

View Item View Item