Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh perkembangan teknologi pendidikan terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan

Harahap, Nurhidayah (2015) Pengaruh perkembangan teknologi pendidikan terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
113100254.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 5 Padangsidimpuan. Peneliti memilih tempat ini karena berdasarkan observasi pra penelitian, siswa SMPN 5 Padangsidimpuan memiliki teknologi pendidikan dan prestasi belajar PAI yang sedang. Salah satu faktor yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi adalah dalam memanfaatkan fasilitas yang ada di sekolah masih kurang sehingga dalam proses pembelajaran anak didik kurang antusias mengikuti pelajaran, hal yang seperti inilah yang harus ditingkatkan supaya tidak merasa bosan ketika belajar. Tujuan pembahasan skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana perkembangan teknologi pendidikan, dan bagaimana prestasi belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VIII, dan apakah ada pengaruh perkembangan teknologi pendidikan terhadap prestasi belajar pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII Di SMPN 5 Padangsidimpuan. Adapun metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dan penelitian ini juga disebut penelitian ex post facto dengan menggunakan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini berjumlah 309 orang siswa kemudian yang menjadi sampel adalah kelas VIII berjumlah 31 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah observasi dan angket yang terdiri dari 25 butir pertanyaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis tindakan diterima yaitu adanya peningkatan dalam teknologi pendidikan dan prestasi belajar PAI pada materi sistem persamaan linear dua variabel siswa kelas VIII SMPN 5 padangsidimpuan, dimana nilai rata-rata Teknologi Pendidikan sebesar 63,70, nilai rata-rata prestasi belajar PAI 82,93. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan produk momen diperoleh yaitu 0,439 > 0,355 dengan persamaan regresi , artinya ada pengaruh perkembangan teknologi pendidikan terhadap prestasi belajar PAI pada materi sistem persamaan linera dua variabel kelas VIII SMPN 5 Padangsidimpuan. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Kemampuan guru dalam menggunakan teknologi pendidikan, hal tersebut dapat dibuktikan dari nilai skor tertinggi sebesar 85, skor terendah sebesar 38, mean sebesar 63,95, median sebesar 71, modus sebesar 64,17, variansi sebesar 38,47, dan standar deviasi sebesar 6,202. Gambaran prestasi belajar PAI Di SMP 5 Padangsidimpuan tergolong sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari nilai raport siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu skor 77-79 sebanyak 1 orang (3,22%), skor 80-82 sebanyak 7 orang (22,58%), skor antara 83-85 sebanyak 5 orang (16,12%), skor antara 86-88 sebanyak 10 orang (32,25,80%), 89-91 sebanyak 4 orang (12,90%), skor antara 92-94 sebanyak 7 orang (12,90%). Adapun pengaruh perkembangan teknologi pendidikan terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam adalah tergolong kuat yaitu rhitung sebesar 0,439. Dengan uji signifikansi 5% diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 6,963 > 4,175.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Nasruddin Hasibuan M.Pd dan Erna Ikawati, S.Pd, M.Pd
Keywords: Teknologi Pendidikan., Pendidikan Terhadap Prestasi Belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 03 Sep 2020 04:40
Last Modified: 03 Sep 2020 08:54
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4707

Actions (login required)

View Item View Item