Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Problematika peningkatan profesionalisme guru pendidikan agama Islam di MTs. Raudlatul Falah Benteng Huraba Kec. Batang Angkola

Harahap, Isra Hardiyanti (2015) Problematika peningkatan profesionalisme guru pendidikan agama Islam di MTs. Raudlatul Falah Benteng Huraba Kec. Batang Angkola. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 310 0100.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan profesionalisme, problematika peningkatan profesionalisme dan upaya mengatasi problematika peningkatan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam di MTs Raudhatul Falah Kec. Batang Angkola. Informan dalam penelitian adalah guru PAI sebanyak 11 dan ditambah dengan kepala sekolah. Guru PAI memberikan penjelasan terkait dengan problematika peningkatan prefesinalisme di lokasi penelitian. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptip. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Raudlatul Falah Benteng Huraba dengan instrument dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan observasi dengan teknik penjamin keabsahan datanya adalah ketekunan pengamatan dan pola pencocokan. Teknik analisa data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah kompetensi profesionalisme guru PAI di MTs Raudlatul Falah kurang baik karena kompetensi profesionalisme guru PAI belum mencapai indikator kompetensi profesionalisme secara keseluruhan. Problematika peningkatan profesionalisme guru PAI disebabkan oleh:f aktor dari guru PAI sendiri adalah faktor kurangnya dana, waktu dan informasi sehingga tidak dapat mengikuti kegiatan peningkatan kompetensi kepribadian secara menyeluruh, faktor yang berasal dari luar diri guru PAI adalah kurangnya bantuan berupa dana dari pihak sekolah untuk mendanai kegiatan penataran, loka karya dan seminar pendidikan sehingga hanya sebagian guru yang dapat mengikuti kegiatan tersebut, kurang lengkapnya sarana dan prasarana sekolah juga merupakan salah satu problem dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI di lokasi penelitian. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika peningkatan kompetensi profesionalisme guru PAI yang dilakukan guru PAI itu sendiri adalah dengan menumbuhkan kreativitas, memperbanyak membaca, lebih berusaha untuk mengikuti kegiatan seminar pendidikan, penataran dan loka karya. Kemudian upaya yang dilakukan pihak sekolah adalah dengan lebih berusaha untuk mengikutkan guru mengikuti kegiatan penataran dan loka karya, mengadakan seminar di MTs Raudlatul Falah Benteng Huraba, berusaha melengkapi sarana dan prasarana sekolah serta memberikan penghargaan kepada guru teladan, yaitu guru yang memiliki kompetensi profesionalisme yang baik serta disiplin yang tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Darwis Dasopang dan Lis Yulianti Syafrida Siregar
Keywords: Problematika peningkatan; profesionalisme guru pendidikan agama Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2020 04:16
Last Modified: 03 Sep 2020 04:16
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4694

Actions (login required)

View Item View Item