Fatimah, Enni (2015) Upaya meningkatkan keterampilan shalat fardhu melalui metode praktek di kelas IV SD Negeri 151 Roburan Lombang. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
11 310 0236.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah model pembelajaran masih satu arah (ceramah) sehingga aktivitas belajar siswa rendah dan cenderung fasif di dalam kelas, seharusnya pembelajaran tentang shalat fardhu dipraktekkan oleh guru agar siswa lebih tertarik dan lebih paham apa yang disampaikan oleh guru. sebagaimana Keterampilan shalat fardhu siswa pada kelas IV SD Negeri 151 Roburan Lombang belum mencapai indikator atau nilai (KKM) yang ditetapkan. Oleh karena itu perlu mengadakan pembaharuan dalam penggunaan metode dalam terutama pada pokok bahasan shalat fardhu. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah metode praktek dapat meningkatkan keterampilan shalat fardhu siswa kelas IV di SD Negeri 151 Roburan Lombang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan shalat fardhu siswa melalui penggunaan metode praktek pada siswa kelas IV di SD Negeri 151 Roburan Lombang. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu keagamaan sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan shalat fardhu, dan metode praktek. Metodologi penelitian ini menggunakan PTK yaitu penelitian tindakan kelas yang bersifat kualitatif deskriptif yaitu menggambarkan hasil penelitian sesuai yang diperoleh di lapangan. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 151 Roburan Lombang yang berjumlah 23 Siswa. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data ini berupa observasi, tes tindakan (performance test). Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan 2 siklus dan setiap siklus diadakan 2 kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian terhadap siswa melalui tes tindakan (performance test) diperoleh data bahwa terdapat peningkatan terhadap keterampilan shalat fardhu siswa pada gerakan dan bacaan. Keterampilan shalat fardhu siswa mengalami peningkatan pada siklus I dan siklus II melalui penggunaan metode praktek di kelas IV SD Negeri151 Roburan Lombang, yaitu jika pada kondisi awal memiliki keterampilan yang baik hanya 17.39% maka pada siklus akhir menjadi 89.13% dari 23 siswa. Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa dengan pembelajaran melalui penggunaan metode praktek dapat meningkatkan keterampilan shalat fardhu siswa di kelas IV SD Negeri 151 Roburan lombang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Asnah dan Muhammad Yusuf Pulungan |
Keywords: | pendidikan Islam; meningkatkan keterampilan; shalat fardhu; metode praktek |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 02 Sep 2020 04:36 |
Last Modified: | 02 Sep 2020 04:36 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4653 |
Actions (login required)
View Item |