Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan jasa layanan gadai pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Padangsidimpuan

Halimah, Halimah (2015) Pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan jasa layanan gadai pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 220 0056.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Pegadaian syariah adalah salah satu lembaga keuangan yang membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya dalam bidang keuangan. Berdasarkan uraian pada latar belakang masalah, maka perumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan secara parsial terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan jasa layanan gadai syariah? Apakah ada pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan secara serempak terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan jasa layanan gadai syariah? tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah ada pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan secara persial terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan jasa layanan gadai pada PT. Pengadaian Syariah Cabang Padangsidimpuan. Untuk mengetahui apakah ada pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan secara serempak terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan jasa layanan pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Padangsidimpuan. Pembahasan hasil penelitian menggunakan metode analisis Regresi Linear Berganda, dengan data diolah menggunakan perhitungan statistik SPSS 17,0. Teknik pengumpulan data meliputi observasi dan kuesioner. Sampel yang digunakan sebanyak 97 orang nasabah PT. Pegadaian Syariah Cabang Padangsidimpuan yang dijumpai pada saa tmelakukan transaksi gadai. Alat analisis yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas, analisis regresi linear berganda, Uji asumsi klasik, Uji hipotesis yaitu uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa nilai Adjusted R Square, adalah R Square yang telah disesuaikan, nilainya pada tabel diatas sebesar 0,090. Jika dipersentasekan menjadi 9,0 %, hal ini berarti pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan mempengaruhi keputusan nasabah dalam menggunakan jasa layanan gadai syariah, sedangkan sisanya 91 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan kedalam model ini. Nilai koefisien regresi variabel kualitas produk (b1) bernilai positif yaitu 0,215. Artinya bahwa setiap kualitas produk sebesar 1 maka keputusan menjadi nasabah juga akan meningkat sebesar 0,215 dengan asumsi variabel lain nilainya tetap. Nilai koefisien regresi variabel kualitas pelayanan (b2) bernilai positif yaitu 0,139. Artinya bahwa setiap peningkatan kualitas pelayanan sebesar 1 maka keputusan menjadi nasabah juga akan meningkat sebesar 0,139 dengan asumsi variabel lain nilainya tetap.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Zul Anwar Ajim Harahap dan Rukiah
Keywords: perbankan syariah; jasa layanan gadai
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 27 Aug 2020 01:56
Last Modified: 27 Aug 2020 01:56
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4491

Actions (login required)

View Item View Item