Hamzah, Amir (2015) Faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan menjadi nasabah di Bank Syari’ah. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
10 220 0089.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Mahasiswa IAIN Padangsidimpuan adalah mahasiswa yang bermacam-macam asal, suku, adat serta pengalaman dan pengetahuan yang berbeda-beda. IAIN Padangsidimpuan ini merupakan salah satu Perguruan Tinggi Islam yang semua mahasiswanya menganut agama islam. Bank Syari’ah merupakan bank yang menjalankan segala kegiatan operasionalnya sesuai dengan prinsip syari’ah. Sehingga mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan disarankan untuk menjadi nasabah di Bank Syari’ah. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa untuk menjadi nasabah di Bank Syari’ah antara lain adalah promosi, bagi hasil, dan pelayanan. Dengan demikian penulis bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh promosi, bagi hasil, pelayanan yang dilakukan Bank Syari’ah terhadap minat mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam menjadi nasabah di Bank Syari’ah. Kegunaan penelitian ini adalah bertujuan untuk dijadikan sebagai pengembangan ilmu dan juga sebagai masukan bagi mahasiswa. Bank Syari’ah adalah suatu lembaga keuangan yang menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan dana untuk masyarakat berdasarkan prinsip syari’ah yang sesuai dengan alqur’an dan hadist. Adapaun jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan deskriftif yang bertujuan untuk menggambarkan secara sistematis dan akurat. Penelitian ini menggambarkan apa faktor yang mempengaruhi mahasiswa Faklutas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan. Dengan demikian peneliti menemukan hasil penelitian bahwa faktor promosi berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan menjadi nasabah di Bank Sari’ah dengan kesignifikannya sebesar 0,014 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya faktor promosi berpengaruh terhadap minat menjadi nasabah di Bank Syari’ah dengan nilai hasil uji t sebesar 2,497, dan faktor bagi hasil juga berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan menjadi nasabah di Bank Sari’ah dengan kesignifikannya sebesar 0,003 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya faktor bagi hasil berpengaruh terhadap minat menjadi nasabah di Bank Syari’ah dengan nilai hasil uji t sebesar 3,073, dan untuk faktor pelayanan hasil penelitiannya bahwa tidak ada pengaruh terhadap minat mahasiswa Fakultas Ekonommi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan di mana bedasarkan hasil yang diperoleh sebesar 0,726 > 0,05 maka H0 diterima dan Ha ditolak, artinya faktor pelayanan tidak berpengaruh terhadap minat menjadi nasabah di Bank Syari’ah dengan hasil uji t sebesar -0,352.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Mudzakkir Khotib Siregar,MA dan Budi Gautama Siregar,S.Pd.,MM |
Keywords: | Minat mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpua, Nasabah |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 26 Aug 2020 03:46 |
Last Modified: | 26 Aug 2020 03:46 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4464 |
Actions (login required)
View Item |