Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh harga emas terhadap jumlah nasabah baru investasi logam mulia di PT. Pegadaian (Persero) Unit Syariah Sadabuan

Hasibuan, Rahmat Ar (2015) Pengaruh harga emas terhadap jumlah nasabah baru investasi logam mulia di PT. Pegadaian (Persero) Unit Syariah Sadabuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 220 0067.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang adanya fenomena bahwa jumlah nasabah baru yang membeli produk investasi logam mulia (MULIA) di PT. Pegadaian (Persero) Unit Syariah Sadabuan sejak Januari 2012 sampai Desember 2014 relatif tidak mengalami pertumbuhan yang berarti. Kemudian terlihat ada kecendrungan jumlah nasabah baru akan menurun jika harga emas naik dan sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh harga emas terhadap jumlah nasabah baru investasi logam mulia. Penelitian ini dilakukan didukung dengan teori permintaan yang berbunyi jika harga naik maka jumlah barang yang diminta akan turun dan sebaliknya jika harga turun, jumlah barang yang diminta akan naik. Dalam hal ini metode penelitian yang dilakukan adalah secara kuantitatif, yaitu menggunakan regresi linear sederhana dengan harga emas (X) sebagai variabel bebas dan jumlah nasabah baru investasi logam mulia sebagai variabel terikat (Y). Analisis yang digunakan adalah regresi linear sederhana. Pengolahan datanya dilakukan dengan bantuan software SPSS versi 17.0. Dari hasil pengolahan data yang dilakukan menunjukkan adanya hubungan yang sedang antara harga emas (X) sebagai variabel bebas dan jumlah nasabah baru investasi logam mulia sebagai variabel terikat (Y). Hal ini terbukti dari nilai r 2 sebesar -0,576. Dari perhitungan koefisien determinasi (r ) 0,331 artinya jumlah nasabah baru investasi logam mulia (Y) dapat dijelaskan oleh variabel harga emas (X) sebesar 33,1 % dan sisanya 66,9 % dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kemudian dari persamaan regresi yang diperoleh: Ŷ = 18,75 – 0,00003436 X. Artinya setiap jika harga emas (X) mengalami kenaikan sebesar 100.000 satuan maka maka jumlah nasabah baru investasi logam mulia (Y) akan mengalami penurunan sebanyak 3,436 satuan dan sebaliknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. H. Fatahuddin Aziz Siregar, M.Ag. dan Muhammad Isa, ST, MM
Keywords: Harga Emas; Investasi; Logam Mulia
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 24 Aug 2020 03:58
Last Modified: 24 Aug 2020 03:58
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4394

Actions (login required)

View Item View Item