Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh responsiveness karyawan terhadap kepuasan nasabah di PT. Pegadaian Syariah Unit Sadabuan

Pane, Helti Apriani (2015) Pengaruh responsiveness karyawan terhadap kepuasan nasabah di PT. Pegadaian Syariah Unit Sadabuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 220 0014.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Setiap organisasi bertujuan untuk maju berkembang di masa yang akan datang. Untuk mencapai hal tersebut maka setiap organisasi, baik yang bersifat nirlaba maupun profit oriented, harus mampu merebut simpati konsumennya serta menjaga loyalitas mereka. Di sisi lain persaingan antar organisasi maupun perusahaan makin sengit dan konsumen makin sulit dipuaskan. Salah satu strategi yang bisa digunakan dalam situasi persaingan ini adalah dengan menjaga dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Untuk menciptakan kepuasan pelanggan maka salah satu yang harus diperhatikan adalah pelayanan yang cepat tanggap (responsiveness). PT. Pegadaian Syariah Sadabuan adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa keuangan yang berada di kota Padangsidimpuan. Sebagai perusahaan jasa yang bergerak dalam bidang keuangan tentunya perusahaan menghadapi persaingan yang ketat dengan lembaga keuangan yang lain dalam memperebutkan pangsa pasar. Oleh karena itu faktor responsiveness karyawan dalam melayani untuk menciptakan kepuasan nasabah menjadi sangat penting untuk diperhatikan. Nasabah yang puas diharapkan akan loyal, mampu mengajak orang lain menjadi nasabah baru, mau mempromosikan PT. Pegadaian Syariah kepada orang lain, dan tidak mudah terpengaruh oleh promosi lembaga pesaing. Oleh karena itu perlu diteliti sejauh mana faktor resposiveness karyawan PT. Pegadaian Syariah mempengaruhi kepuasan nasabahnya. Dalam hal ini metode penelitian yang dilakukan adalah secara kuantitatif, yaitu menggunakan regresi linear sederhana dengan Kepuasan nasabah sebagai variabel terikat (Y) dan Responsiveness karyawan (X) sebagai variabel bebas. Pengolahan datanya dilakukan dengan bantuan software SPSS versi 17.0. Dari hasil pengolahan data yang dilakukan menunjukkan adanya keterkaitan yang rendah antara Responsiveness karyawan (X) dengan kepuasan nasabah (Y). Hal ini terbukti dari nilai r sebesar 0,390. Dari perhitungan koefisien determinasi (r2 ) diperoleh 0,152 atau 15,2% yang menjelaskan bahwa variabel responsiveness karyawan (X) memberikan pengaruh hanya sebesar 15,2 % terhadap variabel kepuasan nasabah (Y). Sedangkan sisanya 84,8 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kemudian dari persamaan regresi yang diperoleh: Y`=18,395+0,439 X. Artinya setiap peningkatan variabel responsiveness (X) sebesar 1% akan berakibat meningkatnya nilai variabel kepuasan nasabah (Y) sebesar 0,439%. Sebaliknya setiap pengurangan variabel responsiveness (X) sebesar 1% akan berakibat berkurangnya nilai variabel kepuasan nasabah (Y) sebesar 0,439%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Fatahuddin Aziz Siregar dan Muhammad Isa
Keywords: Responsiveess karyawan; kepuasan nasabah; Pegadaian Syariah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2020 03:31
Last Modified: 24 Aug 2020 03:31
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4389

Actions (login required)

View Item View Item