Monika, Monika (2017) Pengaruh keterampilan guru dalam menjelaskan pelajaran terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 330 0063.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah perbedaan persepsi siswa tentang keterampilan guru dalam menjelaskan pelajaran yang berakibat terhadap hasil belajar matematika siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah keterampilan guru dalam menjelaskan pelajaran pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Padangsidimpuan?, bagaimanakah hasil belajar matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Padangsidimpuan?, dan apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara keterampilan guru dalam menjelaskan pelajaran terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Padangsidimpuan?, sehingga tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimanakah keterampilan guru dalam menjelaskan pelajaran pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Padangsidimpuan, untuk mengetahui bagaimanakah hasil belajar matematika pada siswa kelas VII SMP N 3 Padangsidimpuan, dan untuk melihat apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara keterampilan guru dalam menjelaskan pelajaran terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Padangsidimpuan. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan mengggunakan metode Ex Post Facto, dengan jumlah populasi 286 siswa kelas VII SMP Negeri 3 Padangsidimpuan dan sampel sebanyak 77 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data keterampilan guru dalam menjelaskan pelajaran diperoleh dari penyebaran angket kepada siswa sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh dari dokumentasi. Teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan uji F, dan teknik pengolahan data menggunakan program software SPSS 17.0. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan diperoleh nilai keterampilan guru dalam menjelaskan pelajaran berada pada rata-rata 74,81 berada pada kategori baik, hasil belajar matematika siswa berada pada rata-rata 84,16 berada pada kategori sangat baik, besarnya koefisien korelasi antara variabel keterampilan guru dalam menjelaskan pelajaran dengan koefisien hasil belajar matematika siswa sebesar r = 0,251 berada pada kategori hubungan rendah, sehingga pengaruh keterampilan guru dalam menjelaskan pelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa sebesar 6,3% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Dari perhitungan menggunakan rumus regresi diperoleh persamaan regresi ̂ . Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 5,051 > 3,97 dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil konsultasi dari nilai tersebut, maka hipotesis yang dirumuskan dapat diterima, artinya terdapat pengaruh yang yang signifikan antara keterampilan guru dalam menjelaskan pelajaran terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Padangsidimpuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Lelya Hilda, M.Si. dan Suparni, S.Si, M.Pd |
Keywords: | Keterampilan Menjelaskan Pelajaran; Hasil Belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 13 Aug 2020 04:11 |
Last Modified: | 13 Aug 2020 04:11 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4302 |
Actions (login required)
View Item |