Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Usaha guru dalam meningkatkan motivasi belajar pendidikan agama Islam siswa SMK Negeri 1 Siabu Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal

Ikrimah, Ikrimah (2017) Usaha guru dalam meningkatkan motivasi belajar pendidikan agama Islam siswa SMK Negeri 1 Siabu Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 310 0099.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya motivasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Siabu. Berdasarkan permasalahan di atas tujuan penelitian adalah untuk mengetahui usaha yang dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, mengetahui hambatan yang dihdapi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, serta mengetahui hambatan yang dihadapi siswa saat belajar. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif yang menggambarkan secara deskriptif usaha guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Usaha guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan cara persiapan yang matang, penyesuaian metode dengan materi, membiasakan memberikan tugas, mengadakan ulangan setiap selesai satu bab pelajaran, memberikan angka, melengkapi alat-alat pelajaran, mengikuti sosialisasi keagamaan, mengadakan les tambahan keagamaan dan membiasakan sholat zuhur berjamaah setiap harinya, membuat perlombaan peningkatan motivasi belajar dan memberi hukuman bagi siwa yang tidak taat pada aturan dan memberikan hadiah bagi siswa yang berhasil mengerjakan tugasnya dengan baik serta bagi siswa yang berprestasi. Hambatan yang dihadapi guru dalam meningkatkan motivasi belajar ada dua faktor yaitufaktor internal: kurangnya kesadaran siswa akan pentingnya belajar, kurangnya minat siswa, kecilnya kemauan siswa untuk belajar. Dan faktor eksternal: hujan lebat sehingga konsetrasi mengajar kurang, kurangnya sarana prasarana yang tersedia di sekolah, ketidakmaksimalan pemungsian metode, kurangnya penguasaan kelas. Kendala yang dihadapi siswa dalam proses belajar adalah kurangnya sarana prasarana, kurang tegasnya guru dalam membuat peraturan, kurangnya kemampuan guru dalam penguasaan kelas, kurangnya buku-buku pelajaran, kurang bersosialisasinya guru dengan siswa, guru menjelaskan terlalu cepat, guru menerangkan terlalu sering dengan posisi duduk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Erawadi dan Akhiril Pane
Keywords: pendidikan Islam; motivasi belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 12 Aug 2020 03:44
Last Modified: 12 Aug 2020 03:44
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4264

Actions (login required)

View Item View Item