Hasibuan, Yusdimah (2017) Pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah di PT. Bank Sumut Kantor Cabang Pembantu Syariah Panyabungan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 220 0089.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah dimana jumlah nasabah dari tahun 2014-2016 selalu mengalami peningkatan, namun jumlah nasabah aktif dan nasabah pasif mengalami penurunan dan peningkatan. Hal ini sangat mungkin terjadi disebabkan karena promosi dan kualitas pelayanan yang diberikan oleh pihak PT. Bank Sumut kantor cabang pembantu syariah Panyabungan yang belum optimal untuk mencapai kepuasan dari nasabah atau calon nasabah. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh antara promosi dan kualitas pelayanan secara parsial dan simultan terhadap kepuasan nasabah di PT. Bank Sumut kantor cabang pembantu syariah Panyabungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara promosi dan kualitas pelayanan secara parsial dan simultan terhadap kepuasan nasabah di PT. Bank Sumut kantor cabang pembantu syariah Panyabungan. Kepuasan nasabah adalah penilaian dari nasabah atas penggunaan barang ataupun jasa dibandingkan dengan harapan sebelum penggunaannya. Promosi merupakan sarana yang paling ampuh untuk menarik dan mempertahankan nasabahnya. Salah satu tujuan promosi adalah menginformasikan segala jenis produk yang ditawarkan dan berusaha menarik calon nasabah yang baru. Kualitas Pelayanan adalah keseluruhan dari kelengkapan fitur suatu produk atau jasa yang tergantung pada kemampuannya untuk memuaskan kebutuhan yang dinyatakan atau tersirat. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, data yang diperoleh dari penyebaran angket. Analisis data dengan menggunakan regresi linier berganda. Data diolah dengan bantuan program SPSS 22. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, statistik deskriptif, uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, regresi linier berganda, uji determinasi (R2 ), uji t (uji parsial) dan uji F (uji simultan). Berdasarkan hasil penelitan promosi dan pelayanan secara parsial mempengaruhi kepuasan nasabah, hal ini dapat dibuktikan pada hasil pengujian hipotesis variabel promosi memiliki thitung 1,733 > ttabel 1,661 dan variabel kualitas pelayanan memiliki thitung 9,982> ttabel 1,661, maka H0 di tolak dan Ha di terima, kemudian variabel promosi dan variabel kualitas pelayanan secara simultan mempengaruhi kepuasan nasabah dengan hasil Fhitung 89,096 > Ftabel 2,36 maka H0 ditolak dan Ha di terima, dari uji determinasi diperoleh perhitungan sebesar 65,7% di tentukan oleh promosi dan kualitas pelayanan dan sisanya 34,3 % di jelaskan oleh variabel lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Darwis Harahap, Aliman Syahuri Zein |
Keywords: | Promosi; kualitas pelayanan; kepuasan nasabah |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 12 Aug 2020 04:04 |
Last Modified: | 12 Aug 2020 04:04 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4262 |
Actions (login required)
View Item |