Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh media periklanan terhadap minat nasabah menabung pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. Cabang Padangsidimpuan

Sihombing, Anggina Safitri (2017) Pengaruh media periklanan terhadap minat nasabah menabung pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. Cabang Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 220 0141.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Pada umumnya setiap lembaga keuangan syariah dalam menjalankan usahanya tentu mempunyai keinginan agar produknya dapat terjual seperti yang diharapkan melalui kegiatan promosi yaitu media periklanan untuk menarik minat nasabah dalam melakukan kegiatan investasi berupa tabungan. Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini adalah Penurunan jumlah nasabah tahun 2016. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu apakah terdapat pengaruh Media Periklanan Terhadap Minat Nasabah Menabung Pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk, Cabang Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media Periklanan terhadap minat nasabah menabung pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. Cabang Padangsidimpuan. Penelitian ini diharapkan berguna bagi peneliti, perusahaan, akademik dan pihak lainnya. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan Media Periklanan dan minat. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan Media Periklanan dan minat nasabah menabung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dengan jumlah sampel 100 Nasabah. Alat analisis yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji 2 linearitas, analisis regresi sederhana, koefisien determinasi (R ) dan uji hipotesis (uji t). Dengan menggunakan program SPSS Versi 22.0. diperoleh hasil pengukuran regresi dengan persamaan Y= 18,123 + 0,640X dan data R square sebesar 0,514 hal ini berarti sumbangan pengaruh Media Periklanan terhadap Minat Nasabah Menabung pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. Cabang Padangsidimpuan adalah 51,4 Satuan. Sedangkan sisanya 48,6 Satuan dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Hasil penelitian secara parsial (uji t) menyatakan bahwa, Media Periklanan memiliki thitung > ttabel (10,179> 1.6605) dan nilai sig <α (0,000 <0,1) yang artinya bahwa secara parsial Media Periklanan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Minat Nasabah Menabung pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. Cabang Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa, ST, MM dan Arti Damisa M.E.I
Keywords: Media Periklanan; Minat Nasabah Menabung
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 12 Aug 2020 03:13
Last Modified: 12 Aug 2020 03:13
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4257

Actions (login required)

View Item View Item