N, Rahmeyda Yanthy (2019) Pengaruh brand image dan word of mouth terhadap keputusan nasabah memilih tabungan iB Rencana pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1440100220.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (926kB) |
Abstract
Persaingan di dunia perbankan semakin ketat yang menuntut setiap perbankan melakukan strategi untuk memperkenalkan produk yang mereka tawarkan dan terus menciptakan image yang baik di masyarakat. Permasalahan penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan jumlah nasabah Tabungan iB Rencana pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan terus mengalami penurunan dan belum tercapainya target tabungan iB Rencana yang ditetapkan setiap tahunnya. Salah satu faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah memilih Tabungan iB Rencana pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan adalah Brand Image dan Word Of Mouth (WOM). Adapun permasalahan yang diteliti yaitu pengaruh Brand Image dan Word Of Mouth (WOM) terhadap keputusan nasabah memilih Tabungan iB Rencana pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah Brand Image dan Word Of Mouth (WOM) mempunyai pengaruh terhadap keputusan nasabah memilih Tabungan iB Rencana pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang keputusan nasabah, Brand Image, dan Word Of Mouth (WOM). Secara umum penelitian ini banyak bersinggungan dengan teori-teori dalam ilmu manajemen pemasaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis uji regresi linier berganda, koefisien determinasi (R2 ), signifikansi parsial (uji-t) dan Uji signifikansi simultan (Uji F). Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan sampel 66 nasabah dengan teknik pengambilan sampel adalah sampel aksidental. Pengolahan data menggunakan SPSS versi 22. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan peneliti, terdapat pengaruh antara variabel bebas terhadap variabel terikat. Hal tersebut diperoleh dari uji koefisien determinasi (R2 ) dengan nilai R square sebesar 0,409 artinya 40,9% pengaruh yang signifikan variabel terikat dipengaruhi oleh variabel bebas, sedangkan sisanya 59,1% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Hasil penelitian secara parsial (uji-t) menunjukkan bahwa secara parsial Brand Image memiliki pengaruh terhadap keputusan nasabah, yang dibuktikan dengan nilai bahwa thitung>ttabel (4,580> 1,669) atau Ha1 diterima. Pada variabel Word Of Mouth (WOM) secara parsial juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan nasabah, yang dibuktikan dengan nilai thitung >ttabel (2,653> 1,669) Ha2 diterima. Hasil penelitian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa Brand Image dan Word Of Mouth (WOM) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan nasabah, yang dibuktikan dengan nilai Fhitung > Ftabel (21,759 > 2,39) maka Ha3 diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Ikhwanuddin Harahap, M.Ag. dan Aliman Syahuri Zein, M.E.I. |
Keywords: | Keputusan Nasabah: Brand Image dan Word Of Mouth (WOM) |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking) 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150307 Innovation and Technology Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Mr. Aflah Indra Pulungan |
Date Deposited: | 11 Aug 2020 09:32 |
Last Modified: | 11 Aug 2020 09:34 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4249 |
Actions (login required)
View Item |