Tanjung, Saima Putri (2017) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah KPR iB Griya (studi kasus Bank SUMUT Cabang Syariah Sibolga). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 220 0082.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan yang masih kurang baik sesuai dengan yang diharapkan masyarakat. Rumusan masalah penelitian adalah apakah terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah KPR iB Griya. Tujuan penelitian untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah KPR iB Griya di Bank Sumut Cabang Syariah Sibolga. Pembahasan dalam penelitian ini adalah produk KPR iB Griya, pelayanan terhadap kepuasan nasabah. Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah pembiayaan yang diberikan kepada perorangan untuk kebutuhan pembelian rumah baik berupa rumah tinggal yang dijual melalui pengembangan atau bukan pengembangan dilokasi-lokasi yang telah ditentukan bank dengan sitem jual beli (murabahah). Kualitas pelayanan adalah segala bentuk aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan guna memenuhi harapan konsumen. Kepuasan nasabah adalah suatu keadaan dimana harapan konsumen terhadap suatu produk sesuai dengan kenyataan yang diterima oleh konsumen. Pembahasan penelitian berkaitan dengan bidang pemasaran terkait dengan pelayanan dan kepuasan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah menggunakan angket dan dokumentasi. Angket merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawab. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Pengolahan data dilakukan dengan SPSS versi 22. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa kualitas pelayanan 2 terhadap kepuasan nasabah, dari hasil uji koefisien determinasi (R ) dapat diketahui bahwa 55,5% variabel kualitas pelayanan mampu mempengaruhi kepuasan nasabah dan 44,5% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh positif dan signifikan yaitu kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah KPR iB Griaya nilai > (11,060 > 1,660).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Rosnani Siregar, M.Ag dan Ahmad Iqbal Tanjung, M.E.I |
Keywords: | Kualitas Pelayanan; Kepuasan Nasabah |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 11 Aug 2020 02:53 |
Last Modified: | 10 Sep 2020 03:08 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4195 |
Actions (login required)
View Item |