Batubara, Rahmadani (2017) Pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap kepuasan nasabah di Unit Pegadaian Syariah Sadabuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 220 0079.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah dimana jumlah nasabah tahun 2012- 2013 mengalami kenaikan tetapi pada tahun 2013-2016 jumlah nasabah selalu mengalami penurunan. Hal ini sangat mungkin terjadi disebabkan karena bauran pemasaran jasa yang dilaksanakan oleh pihak Unit Pegadaian Syariah Sadabuan yang belum optimal untuk mencapai kepuasan nasabah. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh antara produk, harga, promosi, tempat, orang, proses, dan bukti fisik secara parsial dan simultan terhadap kepuasan nasabah di Unit Pegadaian Syariah Sadabuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara produk, harga, promosi, tempat, orang, proses, dan bukti fisik secara parsial dan simultan terhadap kepuasan nasabah di Unit Pegadaian Syariah Sadabuan. Kepuasan nasabah adalah penilaian dari nasabah atas penggunaan barang atau pun jasa dibandingkan dengan harapan sebelum penggunaannya. Bauran pemasaran jasa merupakan unsur-unsur pemasaran yang saling terkait, dibaurkan, diorganisasikan dan digunakan dengan tepat, sehingga perusahaan dapat mencapai tujuan pemasaran yang efektif, sekaligus memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen. Unsur-unsur bauran pemasaran jasa tersebut yaitu produk, harga, promosi, tempat, orang, proses, dan bukti fisik. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, data diperoleh dari penyebaran angket. Analisis data dengan menggunakan regresi linier berganda. Data diolah dengan bantuan program SPSS 22. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas, uji 2 multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji determinasi (R ), uji t (uji parsial) dan uji F (uji simultan). Hasil penelitian uji t menunjukkan bahwa produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah yang dibuktikan dengan thitung>ttabel (2,694>1,662) sig (0,008<0,1). Harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah yang dibuktikan dengan thitung>ttabel (3,182>1,662) sig (0,002<0,1). Promosi tidak berpengaruh terhadap kepuasan nasabah yang dibuktikan dengan -thitung>-ttabel (-0,841>-1,662) sig (0,402>0,1). Tempat tidak berpengaruh terhadap kepuasan nasabah yang dibuktikan dengan thitung<ttabel (1,468<1,662) sig (0,146>0,1). Orang tidak berpengaruh terhadap kepuasan nasabah yang dibuktikan dengan thitung<ttabel (0,535<1,662) sig (0,594>0,1). Proses berpengaruh terhadap kepuasan nasabah yang dibuktikan dengan thitung>ttabel (4,276>1,662) sig (0,000<0,1). Bukti fisik tidak berpengaruh terhadap kepuasan nasabah yang dibuktikan dengan thitung<ttabel (1,148<1,662) sig (0,254>0,1). Kemudian produk, harga, promosi, tempat, orang, proses, dan bukti fisik secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah yang dibuktikan dengan Fhitung>Ftabel (28,655>1,84) sig (0,000<0,1). Dari uji determinasi diperoleh perhitungan sebesar 69,7% ditentukan oleh produk, harga, promosi, tempat, orang, proses, dan bukti fisik. Sedangkan sisanya 30,3% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. H. Fatahuddin Aziz Siregar, M.Ag. dan Ahmad Iqbal Tanjung, MEI |
Keywords: | Pemasaran; Bauran Pemasaran |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 11 Aug 2020 02:38 |
Last Modified: | 11 Aug 2020 02:38 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4190 |
Actions (login required)
View Item |