Hasibuan, Yulianti (2017) Metode guru pendidikan agama Islam dalam menuntaskan pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) di SMP Negeri 1 Simangambat Kecamatan Simangambat Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 310 0081.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui bagaimana metode guru pendidikan agama Islam dalam menuntaskan pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) di SMP Negeri Simangambat; 2) Mengetahui hasil yang dicapai siswa kelas IX-1 pokok bahasan qanaah dan tasamuh dalam penerapan metode pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Simangambat Kecamatan Simangambat Kabupaten Padang Lawas Utara; 3) Mengetahui kendala yang dihadapi guru PAI dalam menuntaskan pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) di SMP Negeri Simangambat. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu pendidikan. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan teori pendidikan tentang metode pembelajaran pendidikan agama Islam dan teori tentang ketuntasan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Objek penelitian ini adalah guru pendidikan agama Islam SMP Negeri 1 Simangambat, Lokasi penelitian ini berada di Kelurahan Aek Raru Kecamatan Simangambat Kabupaten Padang Lawas Utara. Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Metode guru pendidikan agama Islam dalam menuntaskan pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Simangambat yaitu dengan Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Menghafal, Metode Diskusi, Metode Teladan, Metode Nasihat, Metode Hiwar, Metode Karyawista dan Metode Ganjaran dan Hukuman; 2) Hasil yang dicapai siswa kelas IX-1 yaitu bahwa seluruh siswa dalam kategori tuntas dengan nilai rata-rata siswa adalah 85,75 kategori kemampuan siswa B (Baik), dengan kriteria ketuntasan minimum pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) adalah 75; 3) Adapun kendala guru pendidikan agama Islam dalam menuntaskan pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) di SMP Negeri Simangambat yaitu dikarenakan faktor anak didik, faktor sarana dan prasarana, faktor kurikulum, faktor pendidik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Tatta Herawati Daulae dan Zulhammi |
Keywords: | pendidikan Islam; metode guru; menuntaskan pembelajaran |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 10 Aug 2020 08:26 |
Last Modified: | 10 Aug 2020 08:26 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4172 |
Actions (login required)
View Item |