Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Persepsi takmir masjid terhadap Bank Syariah di Kota Padangsidimpuan

Dalimunthe, Irvansyah Putra (2017) Persepsi takmir masjid terhadap Bank Syariah di Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 220 0100.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah takmir masjid di Kota padangsidimpuan yang diindikasikan memiliki pengetahuan dan persepsi yang berbeda-beda terhadap bank syariah. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pengetahuan takmir masjid terhadap bank syariah dan bagaimana persepsi takmir masjid terhadap bank syariah di Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan dan persepsi takmir masjid terhadap bank syariah di Kota padangsidimpuan. Persepsi merupakan penilaian, pendapat, dan tanggapan seseorang mengenai sesuatu yang dipandang. Dan ada beberapa faktor yang mempengaruhi persepsi takmir masjid terhadap bank syariah di kota Padangsidimpuan. Adapun waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai bulan Mei 2016 di Kota Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 takmir masjid. . Sumber data primer yakni takmir masjid yang menggunakan jasa bank syariah dan sumber data sekunder yaitu informasi dari Kantor Kementerian Agama Kota Padangsidimpuan dan Badan Pusat Statistik Kota Padangsidimpuan. Pengumpulan data dengan Wawancara dan dokumentasi Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini yaitu mencari dan menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, peneliti melihat bahwa pengetahuan takmir masjid terhadap bank syariah, pada umumnya takmir masjid masih banyak yang kurang mengetahui informasi-informasi tentang bank syariah sehingga takmir masjid berangggapan bahwa bank syariah sama saja dengan bank konvensional. Untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas bank Syariah terhadap produk, pelayanan dan sebagainya maka pihak bank syariah hrus lebih aktif dan banyak mensosialisasikan produk dan pelayanan ke luar lapangan, agar takmir masjid lebih mengetahui tentang produk-produk yang ditawarkan. sedangkan dari segi persepsi takmir masjid terhadap bank syariah berpandangan positif. Bahwa bank syariah sesuai dengan hukum Islam, sistem bagi hasil yang digunakan bank syariah lebih adil. Dan hasil wawancara dengan beberapa takmir masjid yang berpandangan bahwa pelayanan yang diberikan oleh bank syariah cukup memuaskan nasabahnya, terutama pada saat awal masuk kedalam bank syariah nasabah langsung disambut dengan senyuman dan ucapan salam dari karyawan bank syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Darwis Harahap dan Nofinawati
Keywords: Persepsi; takmir masjid; bank syariah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2020 02:37
Last Modified: 06 Aug 2020 02:37
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4038

Actions (login required)

View Item View Item