Harahap, Devi Valentina Sari (2017) Pengaruh biaya promosi terhadap jumlah tabungan muḍārabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
12 220 0099.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah biaya promosi dan jumlah tabungan muḍārabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia dari tahun 2012-2015 mengalami peningkatan dan penurunan. pada tahun 2015 jumlah tabungan muḍārabah mengalami penurunan sebesar 121.065.547. Penurunan yang terjadi antara tahun 2014 dengan tahun 2015 adalah sebanyak 12.812.039 Biaya promosi pada tahun 2012-2014 mengalami penurunan, biaya promosi menurun sebesar - 450.954.000, biaya promosi pada tahun 2013 mengalami penurunan sebesar - 501.184.000, pada tahun 2014 biaya promosi mengalami penurunan sebesar - 327.742.000. Rumusan masalahnya adalah apakah biaya promosi memiliki pengaruh terhadap jumlah tabungan muḍārabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. Tujuannya penelitian adalah untuk apakah ada pengaruh biaya promosi terhadap jumlah tabungan muḍārabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk”. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan biaya promosi dan jumlah tabungan muḍārabah. Sehubungan dengan itu, pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan biaya promosi dan teori-teori jumlah tabungan muḍārabah. Serta ayat-ayat yang berkaitan dengan teori-teori tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan menggunakan metode analisis regresi linear sederhana, penarikan sampel dengan pusposivesampling dengan jumlah sampel mulai dari tahun 2012 sampai dengan 2016 (48 bulan). Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi. Teknik analisis data dengan metode analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji linieritas, analisis regresi sederhana, uji determinasi (R2) dan uji hipotesis (uji t). Hasil dari penelitian yang dilakukan dalam pengolahan data SPSS versi 22 yaitu uji signifikan (uji t) menyatakan bahwa biaya promosi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap jumlah tabungan muḍārabah, yang dibuktikan dengan thitung > ttabel (0,248 >1,679) dan signifikansi lebih kecil dari taraf signifikan (0,00<0,05) maka H0 diterima dan Ha ditolak, artinya bahwa biaya promosi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap jumlah tabungan muḍārabah. Adapun R square (r2) yaitu menunjukkan koefisien determinasi, nilai r2 sebesar 0,001 atau sama dengan 1%. Artinya bahwa pengaruh biaya promosi terhadap jumlah tabungan muḍārabah sebesar 1%. Sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Nofinawati dan Delima sari Lubis |
Keywords: | Biaya promosi; jumlah tabungan muḍārabah |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012712 al-Syirkah (incl. al-Mudharabah, al-Musahamah) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 05 Aug 2020 03:32 |
Last Modified: | 06 Aug 2020 07:51 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3989 |
Actions (login required)
View Item |