Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh promosi dan pelayanan terhadap keputusan menjadi nasabah di Unit Pegadaian Syariah Madina

Nasution, Abd. Aziz (2018) Pengaruh promosi dan pelayanan terhadap keputusan menjadi nasabah di Unit Pegadaian Syariah Madina. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 220 0091.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Sesuai dengan judul “Pengaruh Promosi dan Pelayanan Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah di Unit Pegadaian Syariah Madina”. Latar belakang masalah penelitian ini adalah masih banyak masyarakat yang kurang mengenal Pegadaian Syariah sehingga keputusan masyarakat menjadi nasabah di Pegadaian Syariah menurun. Jika dilihat penduduk Kabupaten Mandailing Natal yang mayoritas beragama Islam seharusnya menjadikan pangsa pasar yang baik bagi lembaga keuangan syariah termasuk Pegadaian Syariah. Namun jumlah nasabah Pegadaian Syariah mengalami penurunan dari tahun 2016 sampai 2017. Oleh karena itu Pegadaian Syariah perlu melakukan promosi dan juga memberikan pelayanan yang berkualitas sehingga dapat menarik simpati nasabah. Penelitian ini menggunakan teori Kasmir yang menyatakan promosi dan pelayanan ikut serta dalam menarik nasabah atau memengaruhi nasabah untuk mengambil keputusan, sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan promosi, pelayanan dan keputusan nasabah. Dalam hal ini metode penelitian yang dilakukan secara kuantitatif, dengan menggunakan persamaan regresi linear berganda, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji asumsi klasik, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis (uji t dan uji f). Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan maka dilakukan dengan menggunakan instrumen pengumpulan data yaitu, angket dengan jumlah sampel 75 responden, selanjutnya untuk pengolahan datanya dilakukan dengan batuan software SPSS versi 23. Dari hasil perhitungan regresi yang dilakukan maka diperoleh persamaan Y=2,324+0,255X1+0,381X2+e, dan data R square sebesar 0,376, hal ini berarti 37,6% variabel promosi dan pelayanan mampu menerangkan variabel keputusan menjadi nasabah pada Unit Pegadaian Syariah Madina, sedangkan sisanya sebesar 62,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Hasil penelitian secara parsial (uji t) menyatakan bahwa, promosi memiliki thitung<ttabel dan tingkat signifikansi >α (2,821< 1,933), (0,06 >0,1). artinya promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan. Pelayanan memiliki thitung>ttabel (5,689>1,933) tingkat signifikansi <α (0,000< 0,1) artinya pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah. Hasil penelitian secara simultan (uji F) menyatakan bahwa promosi dan pelayanan memiliki Fhitung > Ftabel (23,272>2,377) dan tingkat signifikansi yang diperoleh adalah sebesar 0,000 <α (0,1) artinya promosi dan pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. H. Fatahuddin Aziz Siregar, M.Ag. dan Ahmad Iqbal Tanjung, M.E.I
Keywords: Harga; Promosi; Pengetahuan; Keputusan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 05 Aug 2020 02:24
Last Modified: 10 Sep 2020 03:14
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3982

Actions (login required)

View Item View Item