Hutapea, Edison (2017) Pengaruh personal selling terhadap keputusan nasabah memilih pembiayaan rahn pada PT. Pegadaian Syariah Unit Pelayanan Syariah Sipirok. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 220 0148.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Persaingan yang begitu keras di lembaga keuangan, menuntut lembaga keuangan syariah melakukan strategi untuk memperkenalkan produk yang mereka tawarkan ke pasar. Demi merebut nasabah, lembaga keuangan syariah akan berlomba-lomba untuk saling mengungguli satu sama lainnya. Permasalahan penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan jumlah nasabah pembiayaan rahn pada PT. Pegadaian Syariah Unit Pelayanan Syariah Sipirok di tahun 2016 mengalami penurunan sebesar 7%. Salah satu strategi promosi untuk mempengaruhi keputusan nasabah memilih pembiayaan rahn pada PT. Pegadaian Syariah Unit Pelayanan Syariah Sipirok adalah personal selling. Adapun permasalahan yang diteliti yaitu pengaruh personal selling terhadap keputusan nasabah memilih pembiayaan rahn pada PT. Pegadaian Syariah Unit Pelayanan Syariah Sipirok . Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah personal selling mempunyai pengaruh terhadap keputusan nasabah memilih pembiayaan rahn pada PT. Pegadaian Syariah Unit Pelayanan Syariah Sipirok. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang keputusan nasabah dan teori tentang personal selling. Secara umum penelitian ini banyak bersinggungan dengan teori-teori dalam ilmu manajemen pemasaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis uji regresi linear sederhana, koefisien determinasi (R2), signifikasi parsial (uji-t). Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan sampel 82 nasabah dengan teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Pengolahan data dilakukan dengan SPSS versi 22. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan peneliti, terdapat pengaruh antara personal selling terhadap keputusan nasabah memilih pembiayaan rahn. Hal tersebut diperoleh dari uji koefisien determinasi (R2) dengan nilai R square sebesar 0,751 artinya 75,1% keputusan nasabah dipengaruhi personal selling, sedangkan sisanya 24,9% dipengaruhi variabel lain yang tidak dijelaskan di penelitian ini. Hasil penelitian secara parsial (uji-t) menunjukkan bahwa secara parsial personal selling memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan nasabah, yang dibuktikan dengan nilai bahwa thitung > ttabel (15,541 > 1,664) atau Ha diterima dan Ho ditolak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Fatahuddin Aziz Siregar dan Rini Hayati Lubis |
Keywords: | personal selling; keputusan nasabah |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 04 Aug 2020 04:12 |
Last Modified: | 04 Aug 2020 04:12 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3934 |
Actions (login required)
View Item |