Lubis, Silvina (2017) Strategi pemasaran produk tabungan investa cendekia (pada PT. Bank Syariah Mandiri cabang Sibolga). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 220 0129.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini menjelaskan tentang strategi pemasaran produk Tabungan Investa Cendekia yang diterapkan oleh pihak Bank Syariah Mandiri Cabang Sibolga, guna mengetahui bagaimana pihak Bank Syariah Mandiri dalam memasarkan produk tabungan ini. Fenomena yang dialami yaitu nasabah yang kurang aktif dalam menyetorkan uangnya maka pihak Bank akan menghapus rekening tabungan ini dan uang telah di simpan akan dimasukkan secara otomatis ke rekening tabungan regular milik nasabah, hal lain yaitu terkadang nasabah meminta uang yang di setorkan sebelum jatuh tempo dengan alasan membutuhkan dana untuk keperluan lain. Produk tabungan ini hanya dipasarkan oleh nasabah yang memiliki gaji tetap dikarenakan mayoritas masyarakat di Sibolga yaitu bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil. Pembahasan dari penelitian ini terkait dengan Perbankan Syariah, yang menjelaskan pengertian dari Strategi, Pemasaran, Pemasaran dalam Islam, Pengertian Pemasaran Bank dan Pemasaran Bank Syariah. Metode Penelitian yaitu menggunakan metode penelitian kualitatif yang pengertiannya yaitu mengumpulkan fenomena-fenomena yang terjadi dilapangan dan menyimpulkannya ke dalam karya tulis ilmiah, data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer yang mewawancarai langsung pihak Bank Syariah Mandiri Sibolga. Hasil penelitian yaitu strategi pemasaran yang dilakukan oleh pihak Bank Syariah Mandiri Cabang Sibolga ada 3 tahap pemasaran yaitu Penjualan dimana pihak Costumer Service melakukan pemasaran serta penjelasan mengenai produk Tabungan Investa Cendekia kepada nasabah yang hendak membuka rekening tabungan, memeliki masalah lain yang kehilangan ATM, dan lain sebagainya. Promosi dimana pihak Costumer Service ataupun Marketing menyebarkan brosur-brosur yang berkaitan dengan Tabungan Investa Cendekia ini dan didalam nya ada penjelasan dan pembagian asuransi lengkap dengan cara pembagiannya. Marketing Mix dimana Pihak Costumer Service dan Marketing melakukan pemasaran melalui penjualan dan promosi (face to face) kepada nasabahnya serta membagikan brosur kepada nasabah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Fatahuddin Aziz Siregar dan Azwar Hamid |
Keywords: | bank syariah; pemasaran produk; investa cendekia |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 05 Aug 2020 04:51 |
Last Modified: | 05 Aug 2020 04:51 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3931 |
Actions (login required)
View Item |