Siregar, Sahlah Sumayyah (2017) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pelajar untuk menjadi nasabah di PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk. KCP Sibuhuan (studi kasus Yayasan Pondok Pesantren Al-Mukhlisin Sibuhuan). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 220 0127.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Jumlah pelajar yang menjadi nasabah di PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk. KCP Sibuhuan hanya mencapai 42% dari 1771 pelajar yang ada di Yayasan Pondok Pesantren Al- Mukhlisin Sibuhuan. Sehingga keputusan dari para pelajar untuk menjadi nasabah tidak terlepas dari kebijaksanaan pemasaran bank yang dipengaruhi oleh produk, pelayanan, dan promosi. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah produk, pelayanan, dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pelajar Pondok Pesantren Al-Mukhlisin Sibuhuan menjadi nasabah di PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk. KCP Sibuhuan. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui pengaruh produk, pelayanan, dan promosi terhadap keputusan pelajar Pondok Pesantren Al-Mukhlisin Sibuhuan menjadi nasabah di PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk. KCP Sibuhuan. Kegunaan penelitian ini adalah bagi peneliti, bagi pelajar dan peneliti selanjutnya. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu Manajemen Pemasaran. Adapun teori-teori yang berkaitan dengan manajemen pemasaran dalam penelitian ini meliputi teori tentang produk, pelayanan dan promosi dan teori manajemen lainnya. Jenis penelitian yang digunakan ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan instrumen pengumpulan data menggunakan angket yang diberikan kepada 64 responden. Adapun uji analisis yang digunakan antara lain, uji validasi dan realibilitas, analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi dan (uji t dan uji F). Pengolahan data dilakukan dengan bantuan software SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor produk tidak berpengaruh terhadap keputusan pelajar dengan nilai thitung < ttabel (0,534 < 1,67065). Faktor pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pelajar menjadi nasabah di PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk. KCP Sibuhuan dengan nilai thitung > ttabel (2,041 > 1,67065) sedangkan faktor promosi berpengaruh terhadap keputusan pelajar menjadi nasabah di PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk. KCP Sibuhuan dengan nilai thitung > ttabel (6,334 > 1,67065). Secara simultan produk, pelayanan dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pelajar menjadi nasabah di PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk. KCP Sibuhuan dengan nilai Fhitung > Ftabel (23,312 > 2,18). Secara simultan, dari ketiga faktor tersebut yang paling dominan mempengaruhi keputusan pelajar menjadi nasabah di PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk. KCP Sibuhuan adalah faktor promosi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. H. Fatahuddin Aziz Siregar, M.Ag. dan Hamni Fadlilah Nasution, M.Pd |
Keywords: | Produk; Pelayanan; Promosi; Keputusan Pelajar |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 04 Aug 2020 03:14 |
Last Modified: | 04 Aug 2020 03:14 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3930 |
Actions (login required)
View Item |