Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah terhadap produk mulia pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Alaman Bolak

Safitri, Adek (2017) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah terhadap produk mulia pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Alaman Bolak. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 220 0046.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya minat nasabah menggunakan produk mulia pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Alaman Bolak, dilihat dari sisi pelayanan dan produknnya. Rumusan masalah penelitian adalah apakah pengaruh produk mulia dan pelayanan terhadap minat nasabah pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Alaman Bolak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh produk dan pelayanan terhadap minat nasabah pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Alaman Bolak. Pembahasan dalam penelitian ini adalah produk mulia, pelayanan terhadap minat nasabah. Produk MULIA adalah salah satu produk dari Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Alaman Bolak. Produk ini adalah produk yang kurang diminati masyarakat. Padahal produk ini adalah jenis investasi yang nilainya stabil, likuid, dan aman secara riil. Pelayanan adalah pemberian jasa yang dilakukan satu pihak kepada pihak lain dengan tujuan untuk mendapat simpati, maupun menarik minat nasabah. Minat adalah rasa lebih suka dan rasa ketertarikan pada suatu hal, tanpa ada yang menyuruh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui kuesioner dan observasi. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan metode regresi linear berganda menggunakan alat bantu SPSS versi 22. Berdasarkan Hasil penelitian, terdapat pengaruh antara produk mulia dan pelayanan terhadap minat nasabah memilih mulia. Hal tersebut diperoleh dari uji koefisien determinasi ( dengan nilai R square sebesar 0,163 artinya 16,3 % minat nasabah dipengaruhi produk mulia dan pelayanan, sedangkan sisanya 84,7% dipengaruhi variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Dari hasil uji F diperoleh F hitung sebesar 5.542 sedangkan F tabel 3.16 dengan tingkat probabilitas signifikansi sebesar 0.05. Faktor pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan Sehingga dapat disimpulkan bahwa model regresi dapat digunakan dan ada pengaruh secara bersama-sama dari pelayanan dan produk terhadap minat nasabah. Terdapat pengaruh yang signifikan antara pelayanan terhadap minat nasabah diperoleh thitung > ttabel = 2.156 > 2.00 maka pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap minat nasabah. Terdapat pengaruh yang signifikan antara produk dengan minat nasabah diperoleh thitung > ttabel = 2.441 > 2.00 maka produk berpengaruh secara signifikan terhadap minat nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Rosnani Siregar,M.Ag dan Utari Evy Cahyani,SP.,M.M
Keywords: Minat, Produk mulia, Pelayanan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 04 Aug 2020 03:17
Last Modified: 04 Aug 2020 04:44
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3906

Actions (login required)

View Item View Item