Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah PT. Bank Sumut Kantor Cabang Pembantu Syariah Panyabungan

Sari, Maya (2017) Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah PT. Bank Sumut Kantor Cabang Pembantu Syariah Panyabungan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 220 0066.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah Loyalitas nasabah merupakan aset yang bernilai tinggi bagi perbankan atau perusahaan. Nasabah yang loyal mampu meningkatkan laba melalui peningkatan pendapatan, apabila nasabah puas dengan produk dan pelayanan yang diberikan oleh PT. Bank Sumut Kantor Cabang Pembantu Syariah Panyabungan, maka akan menciptakan loyalnya nasabah. Namun pada kenyataannya, nasabah bank mengeluh atas pelayanan yang diberikan oleh pihak bank yang tidak sesuai dengan harapan nasabah. Rumusan masalah pada penelitian ini yakni apakah terdapat pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan secara parsial terhadap loyalitas nasabah dan apakah terdapat pegaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan secara simultan terhadap loyalitas nasabah di PT. Bank Sumut Kantor Cabang Pembantu Syariah Panyabungan. Pembahasan penelitian berkaitan dengan kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah. Sehubungan dengan itu, pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan kualitas produk, kualitas pelayanan dan loyalitas nasabah. Penelitian ini penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data meliputi angket. Jumlah Responden sebanyak 93 orang nasabah di PT. Bank Sumut Kantor Cabang Pembantu Syariah Panyabungan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif, uji normalitas, uji linier, uji determinasi (R2), regresi linier berganda, uji t dan uji f. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai R Square sebesar 0,437 atau 43,7% artinya variabel terikat semakin lemah karena nilai R2 mendekati angka 0. pada uji T menunjukkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas produk terhadap loyalitas nasabah. Sedangkan kualitas pelayanan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah di PT. Bank Sumut Kantor Cabang Pembantu Syariah Panyabungan. Dan pada uji F menunjukkan bahwa secara simultan kualitas produk dan kualitas pelayanan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah di PT. Bank Sumut Kantor Cabang Pembantu Syariah Panyabungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr.H.Fatahuddin Aziz Siregar,M.Ag dan Ja'far Nasution,Lc.,M.E.I
Keywords: Kualitas produk, Kualitas pelayanan, Loyalitas nasabah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 03 Aug 2020 08:39
Last Modified: 03 Aug 2020 08:39
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3889

Actions (login required)

View Item View Item