Lubis, Risdiani Rahmi (2015) Pengaruh kualitas pelayanan dan penerapan prinsip-prinsip syariah terhadap kepuasan nasabah KPR IB Muamalat di PT.Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
11 220 0119.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Peningkatan nasabah KPR tidak terlepas dari beberapa kelebihan produk KPR Syariah dibandingkan KPR konvensional. Hal ini yang mendorong Bank Muamalat Indonesia, Tbk sebagai bank syariah pertama di Indonesia untuk tetap memperhatikan kualitas produk KPR tersebut, selain itu kualitas pelayanan dan penerapan prinsip-prinsip syariah juga harus diperhatikan karena sudah barang tentu kepuasan nasabah juga akan mengiringinya, dan jika nasabah puas maka jumlah nasabah akan meningkat. Bank Muamalat Indonesia, Tbk cabang Padangsidimpuan yang terletak di Jl. Gatot Subroto memiliki pembiayaan KPR IB Muamalat yang mana pembiayaan ini di minati oleh masyarakat terbukti dengan peningkatan jumlah nasabah setiap tahunnya. Maka dari itu perlu diteliti apakah terdapat pengaruh kualitas pelayanan dan penerapan prinsip-prinsip syariah terhadap kepuasan nasabah KPR IB Muamalat di PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan. Pembiayaan KPR IB Muamalat ini juga pembiayaan yang diberikan kepada nasabah dengan jangka waktu 5-15 tahun (sesuai dengan umur produktif nasabah). Kelebihan dari angsuran KPR IB Muamalat ini adalah jumlah angsurannya tetap hingga jatuh tempo berakhir, ini tentu berbeda dengan KPR Konvensional yang jumlah angsurannya berubah-ubah sesuai dengan kondisi suku bunga yang berlaku. Dalam hal ini metode penelitian yang dilakukan adalah secara kuantitatif, yaitu menggunakan regresi linear berganda dengan kepuasan nasabah KPR IB Muamalat sebagai variable terikat (y) dan kualitas pelayanan sebagai variable bebas (X1) dan penerapan prinsip-prinsip syariah sebagai variable bebas (X2). Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,245 yang berarti bahwa variabel kualitas pelayanan dan penerapan prinsip-prinsip syariah mampu menerangkan variabel kepuasan nasabah KPR IB Muamalat sebesar 24,5% dan sisanya 75,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang di luar model penelitian ini. Hasil analisis secara parsial menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah KPR IB Muamalat. Dibuktikan dengan hasil perhitungan uji t diperoleh signifikansi sebesar 0,010 < 0,05, t hitung 2,780 > t tabel 2,0484. Penerapan prinsip-prinsip syariah tidak berpengaruh terhadap kepuasan nasabah KPR IB Muamalat. Dibuktikan dengan hasil perhitungan uji t diperoleh signifikansi sebesar 0,828 > 0,05, t hitung 0,220 < t tabel 2,0484. Data dalam penelitian ini berdistribusi normal, tidak terjadi heterokedastisitas dan multikolinearitas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. H. Fatahuddin Aziz Siregar, M.Ag. dan Nofinawati, MA |
Keywords: | Kualitas Pelayanan; Kepuasan Nasabah |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 21 Jul 2020 04:19 |
Last Modified: | 21 Jul 2020 04:19 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3648 |
Actions (login required)
View Item |